Komisi D DPRD Pati Soroti Kasus Pernikahan Dini Capai Ratusan

Pati, Infoseputarpati.com – Kasus pernikahan dini di Kabupaten Pati pada tahun 2024 mencapai ratusan. Hal ini menjadi sorotan oleh Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Pati, Muntamah.

Ia menilai pernikahan usia dini memiliki risiko yang cenderung tinggi baik itu dari segi mental, ekonomi, kesehatan hingga bagi calon buah hati rentan terhadap stunting atau tumbuh
kembang seusianya.

“Patut menjadi keprihatinan bersama pernikahan anak dini relatif tinggi. Banyak bahayanya banyak risiko seperti kesehatan bagi sang calon buah hati. Tentu punya sisi positif, tapi dibandingkan negatifnya juga tak seimbang,” katanya.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku, secara mental maupun finansial, pasangan yang menikah muda belum memiliki kesiapan. Kemudian rentan berkonflik
berujung perceraian karena emosi yang masih labil.

“Riskan terjadi perceraian akibat tak bisa mengelola emosi, mental. Jadi masyarakat harus terus memperkaya materi kesehatan, membangun rumah tangga, pola asuh anak untuk mewujudkan keluarga yang sakinah,” tambahnya.

BACA JUGA :   Kegiatan Turnamen Sepak Bola GSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Pati Diikuti 14 Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *