Hindari 9 Makanan Ini Agar Terhindar dari Usus Buntu

Pesantenanpati.com – Penyakit usus buntu adalah salah satu kondisi peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Penyebab munculnya penyakit ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya makanan.

Perlu kamu tahu bahwa beberapa makanan ini dapat menyebabkan penyakit usus buntu, jadi kamu harus menghindarinya. Peradangan yang terjadi pada usus tersebut terjadi karena adanya infeksi cacing atau parasit, cedera bagian perut, penyumbatan oleh fases, atau terjadu pembesaran kelenjar getah bening.

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah datangnya penyakit usus buntu.

  1. Buah berbiji

Perlu kamu tahu bahwa usus tidak dapat mencerna beberapa buah berbiji yang dapat menymbat usus buntu. Buah tersebut meliputi jambu biji, anggur, jeruk, melon dan lain sebagainya.

Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya. Ada baiknya jika kamu harus membuang bijinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsi, apalagi jambu biji.

  1. Makanan yang digoreng

Makanan selanjutnya yaitu semua makanan yang di goreng. Mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi sangat tidak baik bagi penderita radang usus atau pada orang setelah operasi. Hal tersebut sebab usus akan sulit mencerna makanan yang berlemak.

  1. Makanan pedas

Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, maka harus berhati-hati.Sebab makanan pedas merupakan salah satu pemicu peradangan pada usus. Menurut beberapa penelitian, makanan yang terlalu pedas dapat memicu iritasi pada saluran cerna. Jadi hal terrsebut yang menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu.

  1. Makanan rendah serat

Makanan rendah serat seperti nugget, sosio, dan bakso juga dapat menjadi salah satu pemicu adanya peradangan usus buntu. Hal tersebut sebab makanan tersebut memiliki kandungan yang rendah serat. Perlu kamu tahu bahwa sistem pencernaan tubuh membutuhkan serat yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, jika tubuh mengalami kekurangan serat maka organ pencernaan akan mengalami masalah.

  1. Makanan manis

Mengonsumsi gula yang terlalu banyak tentu dapat memicu diare dan dapat memperburuk kondisi peradangan di usus buntu. Jadi kamu perlu menghindari konsumsi makanan yang manisnya berlebihan.

  1. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol

Alkohol merupakan salah satu kandungan yang sudah terkenal dapat menyebabkan berbagai penyakit. Alkohol juga memiliki bahaya munculnya penyakit liver dan usus buntuk. Jadi kamu harus menghindari semua makanan atau minuman yang mengandung alcohol.

  1. Makanan yang mengandung garam tinggi

Makanan yang mengandung garam dapat memicu iritasi pada usus. Garam yang tinggi ini biasanya terdapat pada penyedap rasa dan bumbu instan.

  1. Makanan yang sulit dikunyah

Makanan yang susah untuk dikunyah juga harus kamu hindari. Sebab hal ini juga ada memicu peradangan pada usus.

  1. Junkfood atau makanan cepat saji

Makanan terakhir yang perlu kamu hindari adalah junkfood. Sebab makanan tersebut akan memicu sambelit dan salah satu faktor risiko peradangan radang usus. Jadi kamu harus menghindari junkfood.

BACA JUGA :   Manfaat Daun Pepaya yang Bagus untuk Kesehatan Kulit Hingga Masalah Pencernaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *