HIV AIDS Semakin Marak di Pati, Dinkes: Tes VCR Akan Kami Gencarkan

Pesantenanpati.com – Tercatat hingga akhir tahun 2022 ini, virus HIV AIDS sudah menjangkit 2.288 warga masyarakat Kabupaten Pati yang menyebar di 21 Kecamatan.

Aviani Tritanti Venusia, selalu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati, berusaha terus menekan angka penderita HIV AIDS dengan melakukan pendataan melalui testing VCT (voluntary counseling and testing).

Ia menjelaskan, tes VCT ini merupakan serangkaian tes dan konseling yang dilakukan pihak berwenang untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif mengidap HIV.

Selain itu, pemerintah daerah memberikan kemudahan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan di puskesmas masing-masing kecamatan. Termasuk mendatangi tempat rawan yang menjadi pemicu penyebaran virus HIV.

“Pelaksanaan tes VCT bisa di puskesmas ada, rumah sakit yang menyediakan layanan VCT dan tempat-tempat lain kita datangi seperti karaoke,” kata Aviani di kantornya, Kamis (29/12/2022).

Kendati demikian, Dinkes tetap meminta bagi pekerja seks agar lebih berhati-hati. Pekerja seks diminta dalam aktivitasnya secara aman yaitu memakai kondom. Tujuannya agar tidak menularkan ke yang lain.

BACA JUGA :   Terdampak Banjir Karena Parkir Kapal Berantakan, Warga Minta Ada Penataan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *