5 Keutamaan Surat Al Kahfi dibaca Hari Jumat!

Pesantenanpati.com – Salah satu amalan kebaikan di hari Jumat yaitu membaca surat Al Kahfi.

Surat Al Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang terdiri dari 110 ayat.

Berdasarkan keterangan Surat Al Kahfi menceritakan tentang tujuh pemuda soleh yang menghuni gua dalam keadaan tertidur selama ratusan tahun demi mempertahankan aqidahnya atau sebutannya Ashabul Kahfi.

Ada banyak manfaat dan keutamaan surat Al Kahfi. Surat ini sering kaitkan dengan bacaan yang anjurkan oleh Rasulullah SAW, terutama jika teramalkan pada malam Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Waktu yang paling tepat untuk membaca surat Al Kahfi adalah di hari Jumat.

Membaca surat ini di hari Jumat akan mendapatkan keutamaan surat Al Kahfi yang luar biasa.

Berikut ini keutamaan Surat Al Kahfi :

 

  1. Rumahnya terhindar dari Setan

Membaca surah Al Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan ini.

BACA JUGA :   Sejarah dan Fakta Ritual atau Permainan Mistis Jelangkung

Sebuah hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa

“Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

 

  1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut ini yaitu:

من قرأ العشر الأواخر من سورة الكهف عُصم من فتنة الدجال

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi tersebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَهُوَ مَعْصُومٌ إِلَى ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ، وَإِنْ خَرَجَ الدَّجَّالُ عُصِمَ مِنْهُ “

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

BACA JUGA :   Tips Pakai Air Beras Untuk Kecantikan

 

  1. Diampuni dosa dalam dua Jumat

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

 

  1. Mendapatkan ridho Allah SWT

Setiap muslim tentu berharap untuk senantiasa mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Dengan Ridhonya hidup akan terasa lebih tentram dan nyaman. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

 

  1. Terhindar dari perbuatan buruk

Adapun hal ini menjadi salah satu keistimewaan dalam membaca surat Al Kahfi, karena pada dasarnya surat Al Kahfi sendiri memiliki kisah yang penuh pelajaran. Demi menjaga tauhid dan agamanya, para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari pemimpin yang dzalim. Kemudian Allah-lah yang memberi mereka petunjuk terbaik sehingga dapat terhindar dari hal yang buruk.

BACA JUGA :   Gunakan AI, Google Bisa Terjemahkan Tulisan Dokter

Hal inilah yang menjadikan pelajaran bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, agar senantiasa mendapat keberkahan dan kebahagiaan.

 

Demikian keutamaan surat Al Kahfi yang sarankan untuk baca hari Jumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *