Tips Menggunakan Dry Shampoo atau Keramas Tanpa Air Secara Benar

Pesantenanpati.comDry shampoo adalah salah satu cara cepat keramas tanpa air yang dapat kamu lakukan saat sedang bepergian jauh. Meskipun lebih praktis, namun cara menggunakan dry shampoo ini tidak dapat sembarangan.

Sebab penggunaan yang sembarangan dapat menyebabkan ketombe di kulit kepala, menyumbat folikel dan membuat rambut patah hingga rontok. Banyak orang memilih dry shampoo untuk rambut yang lepek namun tidak sempat keramas. Dry shampoo dapat membantu menyerap minyak dan menyegarkan rambut tanpa harus keramas.

Dry shampoo aman untuk penggunaan sesekali, tetapi bukan pengganti fungsi keramas dengan air. Selain frekuensi pemakaian, penggunaan dry shampoo juga harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips penggunaan dry shampoo yang benar.

  1. Beri jarak 10-15 cm

Saat menggunakan dry shampoo, petunjuk terpenting adalah jangan menyemprotnya terlalu dekat. Semprotkan dari jarak 10-15 cm, kemudian diamkan selama satu atau dua menit sebelum diatur. Tujuannya agar tidak terlalu kental dan tidak meninggalkan bekas kapur seperti bercak putih.

  1. Jangan gunakan terlalu banyak

Jangan gunakan dry shampoo terlalu banyak. Maka kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut dengan air dan membersihkan tumpukan kotoran di kepala. Meskipun dry shampoo menyerap minyak dan menambah volume pada rambut, terlalu sering menggunakannya dapat merusaknya seiring waktu. Rambut akan menjadi mudah patah dan terkelupas. Secara umum, dry shampoo untuk rambut normal dapat bertahan di rambut hingga dua hari. Setelah melihat efek sampo kering di kepala, saatnya keramas.

  1. Gunakan pengering

Kamu dapat melanjutkan penggunaan dry shampo dengan pengering. Kelebihannya adalah pengering dapat membantu menyebarkan produk jauh ke dalam kulit dan sedikit ke tengah. Selain itu, menggunakan pengering rambut juga dapat membantu menambah volume rambut dan menghilangkan residu yang terlihat.

  1. Semprotkan secara merata

Jangan gunakan dry shampoo hanya pada kulit kepala. Untuk hasil terbaik, bagi rambut menjadi satu atau dua bagian dan semprotkan pada akar setiap bagian. Hal tersebut akan memberikan rambut lebih bervolume, seolah-olah telah keramas.

  1. Memilih jenis dry shampoo yang tepat

Dry shampoo telah banyak mengalami  inovasi. Selain tersedia sebagai semprotan aerosol, kamu dapat memilih dari busa, bubuk, pasta, sampo kering berwarna, atau semprotan.

  1. Pijat kulit kepala dengan lembut

Kulit kepala yang dicuci dengan dry shampoo juga harus dipijat. Pijatan lembut juga dapat membantu mendistribusikan komposisi produk secara merata.

  1. Menyisir rambut dengan jari

Selain  sisir, kamu juga dapat menggunakan jari untuk menyisir rambut. Jalankan jari melalui rambut untuk memisahkan setiap helai dan menambah volume. Cara ini cukup praktis dan paling populer dari sekian banyak.

BACA JUGA :   Tips Mudah Mengembalikan Foto Terhapus Pada Ponsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *