6 Kebiasaan Sehat Ala Rasulullah SAW Saat Puasa Ramadan

Pesantenanpati.comRasulullah SAW memiliki beberapa kebiasaan sehat yang dapat kamu tiru selama Ramadan. Puasa Ramadan tidak hanya mengajarkan umat Islam untuk menahan hawa nafsu makan, tetapi juga menjaga kesehatan. Tubuh dapat lebih sehat jika memperhatikan setiap makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti kebiasaan sehat ala Rasulullah SAW saat berpuasa berikut ini :

  1. Makanlah dalam porsi yang lebih kecil

Nabi Muhammad makan lebih sedikit untuk mencegah berbagai penyakit. Anjuran makan dalam porsi yang kecil menurut ajaran agama Islam adalah mengisi perut dengan 1/3 makanan, 1/3 cairan, dan 1/3 nafas.

Hindari makan berlebihan dengan mempraktikkan mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran. Kamu perlu makan dengan fokus tanpa gangguan, seperti makan sambil membuka media sosial atau menonton video.

  1. Makan secara perlahan

Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk makan secara perlahan. Makan perlahan juga berguna untuk membantu  pencernaan. Butuh waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk dapat mengirimkan sinyal kenyang.

  1. Makan buah delima

Delima dianggap sebagai buah favorit Rasulullah SAW. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini memang salah satu makanan tersehat di bumi. Buah delima mengandung mangan yang dapat mendorong pembentukan struktur tulang selama metabolisme. Kemudian kandungan potasium membantu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan cairan. Selain itu, buah delima juga kaya akan flavonoid dan polifenol. Kedua jenis antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

  1. Tidur yang cukup

Selain konsumsi makanan dan aktivitas fisik, tidur yang cukup juga menjadi salah satu kunci hidup sehat. Rasulullah SAW tidak pernah kurang tidur atau tidur secara berlebihan. Beberapa penelitian ilmiah juga mengklaim bahwa tidur lebih awal dapat membantu menjaga kestabilan berat badan dan mencegah masalah yang lebih serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

  1. Buka dengan kurma

Apa yang biasa kamu makan saat adzan  Maghrib berkumandang pada bulan puasa? Pasti jawabannya tidak jauh-jauh dari teh manis, gorengan atau makanan lainnya. Rasulullah SAW berbuka puasa dengan memakan kurma. Bahkan secara ilmiah, kurma mampu menstabilkan gula  darah, menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh. Kemudian kurma juga dapat membantu sistem pencernaan menyiapkan menu yang lebih berat.

  1. Tetap melakukan aktivitas

Tubuh harus tetap aktif juga selama bulan Ramadan. Dalam Islam, sholat pun membutuhkan tubuh yang kuat karena gerakannya menuntut kondisi tubuh yang fit. Kamu tetap perlu melakukan olahraga dengan intensitas yang sedang hingga berat.

BACA JUGA :   Wajib Tau! Ini 5 Manfaat Kencur Selain untuk Bumbu Dapur

Itulah beberapa tips sehat ala Rasulullah SAW yang dapat kamu terapkan selama bulan puasa Ramadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *