Telegram Akan Hadir dengan Fitur Stories Mirip Instagram

Pesantenanpati.comTelegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Tak mau ketinggalan dengan media social lain, kini Telegram dikabarkan akan hadir dengan fitur stories mirip dengan Instagram.

Fitur ini dikabarkan akan mulai bisa digunakan pada bulan Juli ini.

Fitur ini mirip dengan Stories yang ada di Facebook, Meta, dan Instagram, di mana pengguna dapat mengunggah gambar atau video pendek yang akan menghilang setelah beberapa waktu.

Pada Telegram, pengguna memiliki fleksibilitas untuk memilih durasi Stories yang pengguna unggah, mulai dari 6, 12, 24, hingga 48 jam.

CEO Telegram, Pavel Durov, mengatakan bahwa fitur Stories sebenarnya pengguna minta selama bertahun-tahun. Meskipun awalnya mereka ragu karena fitur ini sudah ada di banyak platform lain, akhirnya mereka memutuskan untuk mendengarkan dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Stories akan tempatkan pada bagian atas chat untuk akses yang lebih mudah, dengan bentuk lingkaran seperti platform media sosial lainnya.

BACA JUGA :   Cara Atasi Fitur Baru Instagram yang Tidak Muncul

Pengguna dapat menyembunyikan barisan Stories dengan mengetuk layar untuk menjaga tampilan chat yang lebih minimalis.

Ketika mengklik lingkaran, pengguna dapat menyaksikan Stories dari berbagai teman di platform perpesanan tersebut.

Untuk privasi, pengguna memiliki beragam opsi. Ketika membuat Stories sendiri, pengguna dapat memilih siapa saja yang boleh melihatnya.

Opsi akses ini terdiri dari semua orang, semua orang pada daftar kontak kecuali beberapa kontak yang pengguna pilih, dan teman dekat (Close Friends).

Perbedaannya dengan Instagram adalah bahwa Telegram memberikan lebih banyak opsi privasi.

Stories di Telegram juga akan mendukung penggunaan caption, serta pengambilan foto dan video menggunakan kamera depan atau belakang secara bersamaan.

Pengguna dapat memberikan balasan secara privat atau reaksi berupa emotikon (emoji) terhadap Stories yang terlihat. Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan Stories secara permanen di profil mereka dengan pengaturan privasi masing-masing.

Satu fitur menarik lainnya adalah pengguna dapat menyembunyikan Stories dari kontak tertentu dengan memindahkannya ke daftar “Hidden”. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan Stories dari kanal Telegram (channel) dengan cara repost.

BACA JUGA :   Daftar HP Samsung yang Update One UI 6

 

Demikian fitur baru yang akan Telegram usung. Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *