Bahaya Cas HP Sampai 100 Persen

Pesantenanpati.com – Berikut bahaya cas hp sampai 100 persen.

Apakah kamu tahu bahwa mengisi daya baterai hp hingga 100 persen bisa menimbulkan beberapa bahaya yang sebaiknya dihindari?

Berikut bahaya cas hp 100 persen :

  • Overcharging dan Overheating

Overcharging terjadi ketika baterai terus mengisi daya HP meskipun sudah mencapai kapasitas maksimum. Akibatnya, sel-sel baterai menjadi panas dan dapat mengalami overheat. Peningkatan suhu ini bukan hanya mengurangi daya tahan baterai, tetapi juga dapat merusak struktur internal sel baterai.

Overcharging tidak hanya menyebabkan overheat, tetapi juga dapat mempersingkat umur pakai baterai HP secara signifikan. Baterai hp penuh yang terus-menerus diisi daya hingga penuh akan mengalami tekanan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan degradasi cepat pada kapasitas baterai.

Seiring waktu, hal ini akan mengakibatkan performa baterai yang menurun, memaksa pengguna untuk lebih sering mengganti baterai atau bahkan hp secara keseluruhan.

  • Cyclic Strain pada Baterai

Siklus pengisian daya yang berulang kali, terutama ketika mengisi daya hp hingga 100 persen dan dikosongkan secara berkala, dapat menyebabkan tekanan yang tidak perlu pada sel-sel baterai.

BACA JUGA :   Instagram Rilis Tools AI untuk Apa?

Proses ini, dikenal sebagai tekanan siklik, dapat berujung pada penurunan kapasitas baterai seiring berjalannya waktu. Tekanan siklik pada baterai hp merupakan salah satu faktor utama yang mempercepat degradasi kapasitas baterai. Dengan mengisi daya hingga penuh secara teratur, kamu meningkatkan jumlah siklus pengisian daya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan struktural pada sel-sel baterai.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan kapasitas baterai yang menurun, mengharuskan pengguna untuk lebih sering mengganti baterai atau hp.

  • Degradasi Kapasitas Baterai

Seiring waktu, baterai hp kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya secara efektif, yang mengakibatkan penurunan masa pakai smartphone secara signifikan. Degradasi kapasitas baterai juga dipengaruhi oleh frekuensi batre hp penuh. Ketika mengisi daya hp hingga 100 persen secara teratur, sel-sel baterai mengalami tekanan siklik yang dapat merusak struktur kimia mereka.

  • Potensi Ledakan Baterai

Selama proses pengisian, terkadang terdapat peningkatan suhu yang signifikan, dan jika baterai mengalami kegagalan atau deformasi struktural, risiko ledakan dapat meningkat.

Walaupun kejadian ini sangat jarang terjadi, kasus ledakan baterai hp memang telah tercatat, menunjukkan bahwa bahaya charge hp 100 persen bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan begitu saja. Risiko potensial ledakan baterai hp semakin diperparah oleh penggunaan charger yang tidak resmi atau rusak.

  • Pengaruh Terhadap Kesehatan dan Keselamatan Pengguna

Mengisi daya hp hingga 100 persen dengan frekuensi yang tinggi dapat memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan dan keselamatan pengguna. Overcharging baterai hp dapat menghasilkan peningkatan suhu baterai, yang pada gilirannya dapat menyebabkan baterai hp penuh. Radiasi panas yang dihasilkan dari hp yang terlalu sering mengalami kondisi overheating dapat menjadi sumber ketidaknyamanan bagi pengguna.

BACA JUGA :   Inilah Cara Mudah Tingkatkan Performa Website!

Selain ketidaknyamanan fisik, dampak kesehatan jangka panjang juga perlu diperhatikan. Panjang gelombang panas yang dihasilkan oleh baterai hp yang terlalu sering diisi daya hingga 100 persen dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan bahkan dapat berpotensi memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

Secara umum, pengisian daya terdiri dari dua proses, yaitu pengisan daya dari 0-80 persen dan berlanjut ke 80-100 persen. Dikutip dari Android Authority, pada pengisian daya 80-100 persen, terdapat tegangan listrik yang tinggi.

Tegangan listrik pada baterai akan secara bertahap meningkat hingga daya penuh 100 persen. Tegangan listrik yang tinggi dapat membebani baterai dan bisa sedikit mempercepat penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Oleh karena itu, alasan tidak boleh cas hp sampai 100 persen adalah untuk menghindari baterai menerima tegangan listrik yang tinggi dan akhirnya dapat sedikit mempercepat penurunan battery health.

Dalam hal menjaga kesehatan baterai, beberapa produsen hp sendiri tidak memberikan larangan pada pengguna untuk mengisi daya hingga penuh 100 persen.

BACA JUGA :   Cara Cek Akun WhatsApp yang Disadap

Jika ditilik lebih lanjut pada laman resmi produsen hp seperti Apple, Samsung, dan Google (Pixel), mereka sama-sama tidak menyebutkan pengisian daya sebaiknya dilakukan hingga berapa persen. Artinya, pengguna diperbolehkan untuk cas hp sampai 100 persen.

Apple, Samsung, maupun Google menegaskan satu faktor yang dapat menurunkan battery health secara drastis.

Adapun faktor tersebut adalah suhu panas berlebih. Di website produsen hp tersebut, pengguna disarankan agar menjauhkan hp dari paparan suhu panas yang ekstrem. Suhu panas di hp itu bisa datang dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *