Sebanyak 600 Formasi PPPK Disiapkan di Tahun 2023

Pati, Pesantenanpati.com – Setidaknya ada sebanyak 600 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang disiapkan di tahun 2023.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKPP Pati, Fendi Eko S mengungkapkan formasi itu disiapkan untuk mengisi kekosongan karena sebanyak 607 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pada tahun ini telah menyelesaikan masa purna tugas alias pensiun.

Formasi akan dibuka bagi tenaga pendidik/guru dan tenaga kesehatan (nakes).

“Untuk keseluruhan yang pensiun ada sebanyak 607 itu juga termasuk pejabat struktural maupun juga staff. Dan untuk tahun ini kita ajukan pembukaan pendaftaran 500 guru dan 100 formasi nakes,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa jadwal pembukaan pendaftaran PPPK tersebut saat ini telah diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan masih menunggu keputusan dari pihak kementerian.

“Waktunya sendiri kita juga masih menunggu dari kementerian, keputusan dari pusat terkait jadwal itu,” singkatnya.

Sementara itu, Fendi menyebutkan bahwa saat ini Pemerintah Pusat telah menerapkan penyederhanaan sistem birokrasi. Sehingga secara otomatis pejabat birokrasi juga akan berkurang dengan upaya yang diterapkan.

BACA JUGA :   Operasi Patuh Candi 2023 Kembali Digelar di Kabupaten Pati

Melalui formasi yang akan dibuka, ia mengatakan merupakan bagian dari pelayanan mendasar yang diprioritaskan oleh pemerintah dalam penambahan tenaga PPPK.

“Sementara untuk dua formasi ini merupakan sesuai arahan visi misi dari pemerintah akan kebutuhan mendasar,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *