Pelatihan Penanganan Kebakaran kepada Siswa di Pati

Pati, Pesantenanpati.com – Pelatihan penanganan kebakaran dilakukan oleh pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP kepada siswa di Kabupaten Pati.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Sugiyono melalui Kepala Seksi Damkar, Wahyu Widiatmoko mengatakan sosialisasi yang dilakukan menyasar berbagai kalangan jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA.

Dalam setahun, unit Damkar bisa melakukan kerja sama kunjungan sebanyak 30 lebih. Baik tim Damkar yang mendatangi sekolah maupun sebaliknya.

“Kita jelaskan apa tugas pemadam kebakaran. cara pencegahan dan penyelamatan melalui edukasi sosialisasi dan simulasi. Untuk outing class itu kita edukasi dan sosialisasi,” ujar Wahyu saat ditemui Mitrapost.com di kantor Damkar, Jumat (3/2/23).

Wahyu mengungkapkan bahwa sebagian besar peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten Pati disebabkan oleh kelalaian seperti korsleting listrik hingga kompor lupa dimatikan

Sosialisasi dan edukasi tersebut diberikan kepada para siswa agar lebih waspada dengan penyebab kebakaran.

Selain memberikan materi tentang penanggulangan dan pencegahan kebakaran, petugas juga mengenalkan beberapa alat pemadam kebakaran dari berbagai skala.

BACA JUGA :   Pati Ditargetkan Capai 209 Ribu Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM

Ada juga pengenalan tugas penyelamatan lainnya seperti evakuasi tawon, ular, binatang buas, penyemprotan lumpur, hingga lepas cincin.

Serangkaian pengenalan tersebut dimaksudkan agar masyarakat memahami tugas dan peran Damkar termasuk mensosialisasikan bagaimana melakukan penanganan dan evakuasi pertama saat terjadi peristiwa kebakaran.

“Minimal mereka kasih nomer telpon pemadam kebakaran. Sehingga kita bisa cepat datang ketika ada bencana kebakaran. Kita kasih tugas kasih nomor tersebut kepada orang tua,” imbuhnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *