Guru di Pati Peroleh Juara 1 Lomba Video Pembelajaran Kelas Digital

Pati, Pesantenanpati.com – Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati kembali mengukir prestasi dengan memperoleh Juara I Lomba Video Pendek tentang Pembelajaran pada Kelas Digital Madrasah tahun 2022.

Ia berhasil mengalahkan ratusan guru MTs dan MA se-Jawa Tengah pada pagelaran yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu 28 Desember 2022.

Dengan torehan prestasi yang diperolehnya, ia sangat bersyukur atas semua rezeki yang diberikan karena bisa meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali atas rezeki yang diberikan oleh Allah Swt. melalui beberapa raihan prestasi yang saya dapatkan, baik di tingkat regional nasional maupun internasional, dan yang terakhir ini, saya mendapatkan juara pertama dalam kontes video pembelajaran digital,” kata dia, pada Jumat, (30/12/2022).

Faiz menjelaskan, ada beberapa tahapan yang ia ikuti mulai dari pendaftaran, pengiriman video, seleksi, hingga penilaian oleh dewan juri. Tidak ada trik khusus untuk menang pada lomba kali ini, Faiz hanya melakukan analisis komponen-komponen kegiatan mengajar di kelas.

BACA JUGA :   Pemkab dan BAZNAS Pati Salurkan Bantuan pada Nelayan

Kemudian ia mengubah menjadi suatu pembelajaran digital, serta memanfaatkan sedikit potensi yang ia miliki untuk membantu dalam proses pembuatan video.

“Trik dalam perlombaan video pembelajaran seperti para peserta lomba pada umumnya, yaitu pertama memperhatikan juknis. Kedua, memperhatikan komponen dalam kegiatan mengajar di kelas dan mengubahnya menjadi suatu pembelajaran digital berdurasi maksimal 5 menit. Ketiga, sedikit kemampuan yang ada, kita manfaatkan untuk membantu dalam pembuatan video,” jelasnya.

Menanggapi kabar prestasi Faiz, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Ahmad Saifulloh, memberikan apresiasi penuh. Selain itu ia juga merasa bangga atas prestasi MTsN 1 Pati sebagai madrasah terfavorit di tahun 2022.

“Selamat atas juara satunya Pak Faiz, semoga mbarokahi. MTsN 1 Pati telah berhasil mengelola madrasah dengan apik, baik sumber daya manusianya maupun penjaminan mutunya. Semoga ke depan MTsN 1 Pati tetap terfavorit,” kata dia.

Prestasi yang ditorehkan para guru MTsN 1 Pati di penghujung tahun 2022 ini membuat Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak tidak berhenti bersyukur.

Pasalnya, dengan segudang prestasi itu MTsN 1 Pati kembali dinobatkan sebagai The Best Achievement of Madrasah Tsanawiyah oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati pada Kamis (29/12). Atas raihan ke-2 kalinya tersebut, Syafak juga mengungkapkan rasa syukurnya. Menurut Syafak, hal ini menunjukkan keistiqomahan seluruh stakeholder MTsN 1 Pati di dalam menjaga dan mengembangkan prestasi madrasah.

BACA JUGA :   Guru Keagamaan dan Petugas Ponpes Dapat Bantuan Rp11,4 Miliar di Pati

“Subhanallah walhamdulillah, ternyata dengan kemerdekaan berkreasi yang kami berikan kepada guru-guru kami mampu mengembangkan potensi maksimal mereka. Terbukti beberapa prestasi terbaik bisa diperoleh oleh mereka, salah satunya pak Faiz,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *