Dinkes Temukan Makanan dengan Zat Berbahaya di Pasar Pati

Pati, Pesantenanpati.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) menemukan jenis makanan yang mengandung zat berbahaya saat melakukan pengecekan di pasar wilayah Kabupaten Pati.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia mengatakan, sudah ada pengecekan di beberapa tempat di Pati. Pengecekan tersebut dilakukan di sekitar pasar tradisional di Pati.

“Pengecekan makan pasar-pasar sudah dilaksanakan, insyallah aman,” ujarnya kepada awak media.

Meski begitu Aviani tidak menampik ada beberapa penemuan jenis makanan yang masih mengandung zat berbahaya. Akan tetapi Aviani tidak dapat menyebutkan jumlah detailnya. Ia hanya mengatakan ada beberapa penemuan di pasar wilayah Pati.

“Di pasar-pasar ada beberapa jenis makanan di penjual yang masih mengandung zat-zat berbahaya,” jelasnya.

Zat yang ditemukan oleh Dinkes Kabupaten Pati berupa kandungan zat seperti pewarna dan pengawet kimia. Yakni berupa rodamin hingga boraks yang dimakan di Pati.

“Zat itu masih ada. Upaya kita masih kita peringatkan lah penjualnya. Gak ditarik, kita tidak berhak menarik, karena ada instansi lain yang berhak menarik,” terangnya.

BACA JUGA :   Henggar Minta Kades Hasil PAW Ciptakan Kebijakan dengan Baik

Selain melakukan pengecekan di pasar, pihaknya juga mengecek di luar pasar tradisonal. Akan tetapi, Aviani mengungkapkan di luar pasar tradisonal masih masuk kondisi aman.

“Jumlah penemuan kita sebutkan beberapa aja ya. Kalau selain di pasar, pemeriksaan di toko-toko aman,” paparnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *