Tangani Banjir, Dewan Sebut Normalisasi Total Sudetan Sungai Dibutuhkan di Pati

Pesantenanpati.com – Bencana banjir yang terjadi hampir setiap tahun di Kabupaten Pati menyebabkan kerugian yang luar biasa bagi masyarakat dan juga perekonomian di wilayah Kabupaten Pati.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ali Badruddin selaku Ketua DPRD Kabupaten Pati menyebutkan langkah ke depan dalam penanganan banjir dibutuhkan normalisasi total sudetan sungai yang ada di wilayah Kabupaten Pati.

Pihaknya mengatakan perlunya koordinasi lengkap antara pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah dalam menangani banjir yang telah menjadi langganan tersebut.

“Langkah ke depannya itu, dibutuhkan koordinasi yang lengkap antara pusat dan pemkab terkait normalisasi sungai itu,” katanya saat diwawancarai oleh mitrapost.com belum lama ini.

Ali menambahkan selama normalisasi hanya dilakukan secara setengah-setengah, banjir akan tetap terjadi di wilayah hilir sepanjang aliran Sungai Silugonggo.

“Kalau hanya pengerukan, normalisasi setengah-setengah, maka ya akan selamanya banjir ini terjadi,” imbuhnya.

Sementara itu, melalui koordinasi dengan pemerintah pusat tersebut, diharapkan normalisasi total dapat berjalan.

Hal demikian dilakukan karena dalam proses normalisasi tersebut, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati tidak akan mampu untuk membackup kebutuhan normalisasi.

BACA JUGA :   Ratusan Fotografer Pati Gelar Hunting Bareng Galang Donasi Korban Banjir

“Karena pusat inikan yang punya anggaran besar, kalau APBD kita tidak akan mampu untuk itukan,” jelasnya.

 

Tangani Banjir, Dewan Sebut Normalisasi Total Sudetan Sungai Dibutuhkan di Pati“. Mitrapost.com, 18 Jan 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *