Atasi Pengapuran Sendi Seperti Nikita Mirzani dengan Terapkan 4 Hal Ini

Pesantenanpati.com – Baru-baru ini Nikita Mirzani mengaku telah mengalami pengapuran sendi pada lehernya. Hal tersebut membuat Nikita Mirzani kesulitan untuk menggerakkan leher atau menoleh.

Pengapuran sendi yang dialami oleh Nikita Mirzani tersebut mengakibatkan adanya tonjolan tulang yang keluar sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Biasanya pengapuran sendi dikenal dengan istilah medis osteoarthritis. Namun banyak yang menyamakan osteoarthritis dengan osteoporosis. Padahal kedua penyakit tersebut memiliki gejala dan cara pengobatannya sangat berbeda.

Osteoarthritis ini umumnya terjadi saat pertambahan usia mulai 60 tahun-an. Namun kamu dapat mencegah atau mengurangi dampak pengapuran sendi mulai dari sekarang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Kontrol berat badan

Biasanya obesitas dapat menjadi salah satu faktor penyebab osteoarthritis. Menurut NHANES (National Health and Nutrition Examination Survey) bahwa perempuan yang obesitas memiliki empat kali lebih berpeluang terkena osteoarthritis dibanding perempuan yang tidak obesitas. Sedangkan laki-laki obesitas berpeluang lima kali lebih besar. Jadi kamu haru perhatikan mengontrol berat badan ideal.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko terkena osteoarthritis. Kamu perlu rutin berolahraga untuk memperkuat otot-otot tubuh. Lakukanlah Gerakan isometric dan slide dinding.

  1. Hindari cedera

Saat masih muda, ada baiknya kamu menghindari cedera pada diri sendiri. Jika saat muda kamu sudah sering mengalami cedera, maka kamu akan rentan terkena osteoartritis saat memasuki usia dewasa. Menurut beberapa penelitian, orang yang mengalami cedera saat usia muda maka memiliki risiko terkena osteoarthritis lima kali lebih besar.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Seseorang tentu memerlukan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi. Untuk mencegah osteoarthritis kamu perlu penuhi asam lemak omega-3 dan vitamin D. konsumsilah minyak ikan, kacang-kacangan, zaitun, kedelai, kenai, ikan salmon, susu, telur, sereal, tuna, sarden dan lain-lain.

BACA JUGA :   Herry Iman Ternyata Pernah Dapat Tawaran Latih China

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *