4 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Pesantenanpati.com – Meredakan sakit tenggorokan saat berpuasa tidaklah sulit. Selain itu, sakit tenggorokan memang dapat menyerang siapa saja, termasuk mereka yang sedang berpuasa. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi di area tersebut. Hal ini bisa terjadi ketika ada serangan bakteri atau virus di tenggorokan.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat kamu obati dengan mengkonsumsi sirup obat batuk.  Namun, kamu tidak dapat minum sirup obat batuk saat berpuasa. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara lain untuk meredakan sakit tenggorokan saat berpuasa, berikut beberapa di antaranya :

  1. Makan menu buka puasa yang sehat

Memastikan makanan sehat saat berbuka puasa sangat penting. Hal yang utama adalah memenuhi kebutuhan air yang cukup selama berpuasa. Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makanan pedas, panas, dan berminyak. Sebab makanan tersebut dapat memperparah sakit tenggorokan.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup saat berpuasa juga penting. Misalnya tidur sekitar 30 menit. Dengan istirahat tersebut, tubuh dapat melawan penyakit atau virus yang salah satunya menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Makan sup atau kaldu

Sup adalah menu terbaik bagi mereka yang sakit tenggorokan. Sayur sup bisa menjadi salah satu alternatif untuk berbuka puasa. Sup tidak terlalu membebani tenggorokan saat kamu mencoba menelan makanan.

  1. Gunakan air garam

Garam mengandung sifat anti-inflamasi. Tidak heran garam membantu sakit tenggorokan. Kamu cukup menambahkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Tambahkan madu ke dalam campuran untuk hasil terbaik. Jika kamu melakukan secara rutin, sakit tenggorokan bisa teratasi. Kamu dapat mengonsumsi minuman ini saat berbuka dan sahur.

BACA JUGA :   Belum Bayar Hutang Puasa Tapi Sudah Ramadhan Lagi?

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan saat sedang berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *