Instagram Kini Punya Fitur untuk Bantu Pengguna yang Jadi Sasaran Hacker

Pesantenanpati.com – Kasus akun Instagram kena hack sudah sering terjadi, bahkan tak sedikit korbannya adalah public figure atau influencer yang sudah memiliki banyak pengikut.

Demi memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya, kini Instagram pun memiliki fitur baru yang bisa bantu pengguna yang mengalami peretasan akun.

Fitur tersebut adalah instagram.com/hacked. Fitur ini disebut komprehensif untuk bisa diandalkan pengguna melaporkan masalah akses ke akun mereka.

“Untuk mendukung akun yang mengalami masalah akses atau diretas, kami membuat instagram.com/hacked -sebuah fitur baru dan tujuan komprehensif yang bisa diandalkan orang-orang untuk melaporkan dan menyelesaikan masalah akses akun mereka,” tulis Instagram dalam situs resminya.

Halaman instagram.com/hacked disarankan untuk diakses ketika para pengguna tidak bisa masuk atau log in ke akunnya baik melalui ponsel atau laptop.

Setelah masuk ke sana, maka pengguna pun bisa memilih sesuai kondisi yang dialami. Apakah akun diretas, lupa kata sandi, kehilangan akses ke otentifikasi dua langkah, atau akunnya diblokir.

“Jika Anda punya beberapa akun yang terhubung dengan informasi Anda, Anda akan dapat memilih, akun mana yang membutuhkan bantuan,” tulis Instagram.

BACA JUGA :   Hati-hati Inilah Ciri-ciri HP Disadap Hacker

Ada cara baru yang tengah diuji dari pihak Instagram yaitu verifikasi identitas dengan memanfaatkan teman-teman pengguna. Dengan begitu, pengguna yang akunnya diretas atau terkunci, nantinya bisa memilih dua dari teman mereka di Instagram untuk memverifikasi identitasnya.

Jika tak ada kendala, maka pengguna tersebut pun bisa mendapatkan akunnya kembali.

Keamanan lain yang dihadirkan pihak Instagram adalah dimana pihaknya akan menghapus akun secara otomatis jika dianggap berbahaya, termasuk yang dianggap meniru akun tertentu dan melawan aturan mereka.

“Kami juga mengirim peringatan jika sebuah akun yang mungkin meniru akun bisnis, mengirim DM kepada Anda,” kata Instagram.

Instagram juga akan memberikan centang biru yang tampak di stories serta DM, tak hanya di profil pengguna.

“Dengan cara itu, Anda bisa cepat menentukan apakah sebuah akun yang berinteraksi dengan Anda itu otentik. Sebagai tambahan di Profil, Anda juga akan dapat melihat centang biru di Stories dan DM dan berikutnya di Feed,” tulis Instagram. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *