Alasan Terjadi Fenomena Ikan Beterbangan ke Darat

Pesantenanpati.com – Fenomena ikan beterbangan ke daratan ternyata bukan hal yang perlu dikhawatirkan ataupun membahayakan.

Hal ini disampaikan Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto yang merespon video viral yang menunjukkan ikan beterbangan di daratan yang disebut terjadi di wilayah Jakarta Utara.

Ia menjelaskan bahwa fenomena tersebut disebabkan karena adanya perbedaan oksigen dan suhu air.

“Penyebab ikan loncat ke darat dikarenakan fenomena alam atau proses upwelling yaitu adanya perbedaan kandungan oksigen dan suhu air di dasar laut dan permukaan laut. Sehingga ikan naik ke permukaan untuk mencari oksigen,” kata Unang, Rabu (11/1) dilansir dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa fenomena tersebut biasa terjadi saat musim hujan. Bahkan sudah pernah ada uji lab untuk memastikan keamanan ikan yang terbang ke daratan itu.

Dimana penelitian dilakukan pada ikan naik ke daratan yang terjadi di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu.

“Ini kan beberapa hari yang lalu, beberapa minggu yang lalu ada di Pulau Seribu, kita uji lab itu, hasilnya layak untuk konsumsi dan tidak berbahaya, aman,” katanya.

BACA JUGA :   Aturan Baru Perhitungan UMP Keluar, Ini Tanggapan Serikat Pekerja

Dengan begitu, masyarakat tak perlu khawatir dan panik karena fenomena tersebut disebut BMKG bukan pertanda akan terjadinya gempa bumi, atau tsunami. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *