Dampak Positif dan Negatif Konsumsi Bunga Telang

Pesantenanpati.com – Kamu pasti sudah tahu tentang bunga telang yang katanya bagus untuk kesehatan dan mampu menurunkan berat badan. Namun perlu kamu tahu juga bahwa selain memiliki dampak positif, bunga telang juga memiliki dampak negatif.

Menurut penelitian, bunga telang telah memiliki khasiat yang mampu untuk kesehatan. Clitoria ternatea mampu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah.

Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea yang merupakan tanaman asli dari Asia. Bunga telang berwarna biru dan akan berubah menjadi ungu apabila terendam air.

Biasanya bunga ini di jadikan sebagai pewarna alami dalam makanan, minuman maupun tekstil. Bunganya juga sering digunakan untuk membuat teh herbal, seringkali menggunakan bahan seperti serai, madu, dan lemon sebagai pelengkap.

Dampak positif atau khasiat Clitoria ternatea

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Clitoria ternatea ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, tanaman tersebut mengandung beberapa antioksidan lain, seperti kaempferol, yang dapat membantu melawan kanker. Bunga telang ini juga mengandung asam p-coumaric, yang menurut beberapa penelitian memiliki efek antiinflamasi, antimikroba, dan antivirus yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, delphinidin-3,5-glucoside yang dikandungnya juga membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Menurut sebuah studi tahun 2021, khasiat bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% setelah satu jam aplikasi topikal. Clitoria ternatea mengandung banyak  antioksidan yang  meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Namun, perlu melakukan penelitian lebih lanjut  untuk memahami sepenuhnya bagaimana manfaat bunga telang  dapat mempengaruhi rambut dan kulit.

  1. Meningkatkan Efektivitas Penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Clitoria ternatea dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menilai bagaimana Clitoria ternatea dapat memengaruhi berat badan Anda.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa khasiat tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit gula dan gejala terkait. Studi lain bahkan melaporkan bahwa sifat antioksidan dari Clitoria ternatea dapat melindungi dari kerusakan sel dan komplikasi terkait diabetes. Namun, perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan bagaimana Clitoria ternatea dapat mempengaruhi kontrol gula darah jangka panjang.

BACA JUGA :   Bikin Ngiler, Ini Makanan Khas dari Berbagai Wilayah di Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *