7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut bagi Kesehatan Otak dan Tubuh

Pesantenanpati.com – Ikan merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan protein dan vitamin D. Ada banyak sekali jenis ikan, salah satunya ikan laut.

Ikan laut dipercaya mampu memberi manfaat bagi kesehatan otak dan tubuh. Wajar saja jika ikan masuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna.

Adanya kandungan asam lemak omega-3 sangat penting dan bagus untuk kesehatan tubuh dan otak. Berikut adalah beberapa manfaat ikan laut bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

  1. Kaya akan nutrisi

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ikan sangat bermanfaat bagi tubuh. Kamu dapat mengonsumsi ikan laut seperti salmon, tuna, trout, sarden ataupun makarel. Adanya banyak nutrisi tersebut mampu menurunkan berbagai risiko penyakit.

  1. Dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Adanya kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung mampu memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Perlu kamu tahu bahwa serangan jantung dan stroke adalah dua penyakit yang menyumbang kematian paling banyak di dunia. Untuk menghindari penyakit stroke dan serangann jantung kamu dapat konsumi ikan laut setiap hari.

  1. Bagus untuk kesehatan otak

Bagi kamu yang ingin menjaga dan meningkatkan kesehatan otak, maka konsumsilah ikan. Sudah banyak studi yang mengatakan bahwa seseorang yang sering mengonsumsi ikan setiap hari memiliki kesehatan otak lebih baik dari pada mereka yang tidak pernah konsumsi ikan.

  1. Dapat mencegah dan mengobati depresi

Siapa sangka, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan mampu membantu mencegah dan mengobati kondisi gangguan kesehatan mental. Diketahui bahwa kandungan asam lemak omega-3 mampu melawan depresi dan dapat dijadikan sebagai obat antidepresan.

  1. Mampu mengurangi risiko autoimun

Manfaat selanjutnya, ikan mampu mengurangi risiko autoimun. Adanya omega-3 dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes pada anak dan dapat mengurangi autoimun pada orang dewasa. Selain itu, beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa omega-3 juga mampu menurunkan risiko rheumatoid arthritis sera multiple sclerosis. Namun penelitian tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

  1. Mencegah penyakit asma pada anak

Asma merupakan penyakit dengan kondisi peradangan kronis yang terjadi pada saluran udara dalam tubuh. Menurut beberapa ahli, mengonsumsi ikan laut setiap haru mampu menurunkan risiko asama sebesar 24% lebih rendah.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Penyebab utama masalah pada mata yaitu Degenerasi Makula (AMD). Penyakit tersebut daopat menyebabkan gangguan bahkan kebutaan pada orang dewasa. Beberapa ahli telah mengungkap bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan setiap hari memiliki 42% lebih rendah risiko terkena Degenerasi Makula (AMD) pada perempuan.

BACA JUGA :   Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Sehat

Nah itulah beberapa manfaat yang kamu dapatkan setelah konsumsi ikan laut. Selain itu, kamu juga perlu perhatikan beberapa makanan sehat lainnya. Tentu saja kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Ikan laut hanya mampu mencegah dan menurunkan berbagai penyakit. Namun jika di rasa penyakit di atas sudah menyerang dan parah, kamu dapat segera menghubungi dokter sembari penuhi asupan nutrisi. Kamu juga dapat terus mengonsumsi ikan laut selagi kamu tidak alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *