Efek Buruk Overthinking Dapat Sebabkan Darah Tinggi

Pesantenanpati.com – Sering berpikir berlebihan atau overthinking? Sebaiknya kenali efek buruk overthinking yang salah satunya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Overthinking atau berpikir secara berlebihan biasanya mengacu pada kecenderungan untuk mengamati, menilai dan mencoba mengendalikan segala macam pikiran. Terlalu banyak berpikir sebenarnya dapat bermanfaat jika hal yang kamu pikirkan penting dan memiliki solusi.

Namun terlalu banyak berpikir juga sangat berbahaya, terutama jika kamu selalu berpikir ke arah yang negatif. Tentu saja hal itu akan memberi dampak buruk pada kesehatan. Berikut ini beberapa efek buruk yang akan terjadi jika kamu selalu overthinking.

  1. Tidak cenderung melakukan apapun

Overthinking menciptakan banyak pilihan, skenario, sehingga pada akhirnya tidak memutuskan dan tidak melakukan apapun. Kamu banyak berpikir namun takut melakukannya, oleh karena itulah kamu hanya memikirkannya saja tanpa melakukan aksi.

  1. Kurang kreatif

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika bagian tertentu dari otak dan proses kognitif diam, seseorang menjadi lebih kreatif. Namun terlalu banyak berpikir pada dasarnya akan membuat kamu terjebak bahkan kehabisan ide atau solusi baru.

  1. Tekanan darah tinggi

Akibat buruk dari berpikir berlebihan yang harus kamu ketahui adalah tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena berpikir berlebihan akan membebani otak dan lambat laun meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung bahkan kematian. Sebaiknya kamu harus rutin cek tekanan darah jika sering mengalami overthinking.

  1. Tubuh menjadi lemas dan stres

Berpikir secara berlebihan tentu membutuhkan banyak energi. Tidak heran kamu akan merasa kelelahan, bahkan jika kamu tidak melakukan apa-apa. Kamu menghabiskan banyak waktu di kepala dan hanya berpikir saja tanpa melakukan tindakan apapun. Terlalu banyak berpikir juga akan menyebabkan stres dan tubuh memproduksi kortisol. Pelepasan kortisol yang konstan akan melemahkannya dan menyebabkan kelelahan.

  1. Kehilangan nafsu makan

Apakah kamu tidak nafsu makan? Terlalu banyak berpikir dapat memengaruhi pola makanmu. Overthingking dapat mengurangi nafsu makan, sehingga kamu melewatkan waktu makan. Tubuh tidak menerima nutrisi dan berat badan turun dengan cara yang tidak sehat.

  1. Gangguan tidur

Orang yang overthinking ini biasanya memiliki gangguan tidur. Badan lelah dan ingin istirahat, namun otak terus bekerja. Itulah yang membuatmu tetap terjaga dan sulit untuk tertidur. Jika tidur terganggu, akibatnya kualitas dan kuantitas tidur memburuk. Kemudian tubuh menjadi lelah dan lemas keesokan harinya. Efek buruk dari terlalu banyak berpikir ini bukanlah main-main. Memikirkan segala sesuatu itu baik, tetapi melakukannya secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang negatif.

BACA JUGA :   Manfaat Daun Kemangi Selain Sebagai Lalapan Mampu Atasi Stres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *