Hati-hati Efek Mengonsumsi Buah Naga Secara Berlebihan

Pesantenanpati.com Buah naga atau yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat. Buah manis tersebut memiliki ciri khas biji berbentuk bulat kecil-kecil yang tersebar di dalam daging.

Perlu kamu ketahui bahwa buah naga ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan manfaat. Namun bagi penderita beberapa penyakit tertentu harus mengindari buah yang manis ini. Sebab buah naga ini akan memperparah kondisi orang tersebut. Beberapa penyakit yang harus menghindari buah manis ini seperti penderita alergi, diare, dan diabetes. Jika kamu menderita salah satu penyakit tersebut, sebaiknya hindari konsumsi buah ini.

Namun jika kamu tidak memiliki riwayat kondisi tersebut, maka sah-sah saja jika ingin mengonsumsinya. Memang buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, begitu pula dengan buah naga ini.

Manfaatnya mulai dari menyehatkan tubuh, baik untuk pencernaan, menyehatkan usus, bagus untuk kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang dan masih banyak lagi. Kamu dapat dengan mudah menemukan buah manis yang satu ini. Biasanya buah ini banyak dijumpai di toko buah.

BACA JUGA :   Mengenal Alergi pada Tubuh Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk jus maupun olahan makanan seperti kripik. Biasanya buah naga ini dijadikan sebagai camilan sehat untuk anak-anak. Hal itu karena memang buah manis ini memiliki banyak manfaat.

Meski memiliki banyak manfaat, tentu kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal itu juga berlaku saat mengonsumsi buah ini. Akan ada efek lain yang muncul ketika kamu terlalu berlebihan mengonsumsi buah ini.

Berikut ini beberapa efek samping yang akan kamu dapatkan dia mengonsumsi buah naga secara berlebihan :

  1. Menimbulkan reaksi alergi di area mulut seperti bibir kemerahan dan lidah yang membengkak.

  2. Timbul permasalahan perut seperti diare, mules ataupun perut kembung.

  3. Warna urine menjadi berwarna kemerahan. Hal itu terjadi karena buah manis yang satu ini memiliki kandungan yang tinggi atas pigmen merah.

  4. Hipotensi atau darah rendah. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang penderita darah tinggi. Sebab buah naga mampu mengatasinya. Tetapi jika kamu adalah seorang penderita darah rendah, maka jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini.

Demikian beberapa efek samping yang akan kamu alami jika mengonsumsi buah naga secara berlebihan. Konsumsilah buah dan sayur dengan secukupnya. Selain itu untuk mendapat tubuh yang sehat, kamu dapat mengatur pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

BACA JUGA :   Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *