Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura

Pesantenanpati.com – Kota Jayapura, Papua, diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4 pada Kamis, (9/2/2023) petang WIT.

Akibat gempa tersebut, empat orang tewas. Gempa diketahui terjadi pada pukul 15.28 WIT.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Jayapura menjelaskan bahwa korban ditemukan di runtuhan bangunan rumah makan yang roboh. Proses evakuasi membutuhkan tim penyelam, lantaran lokasi kafe yang terletak di atas perairan.

“Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid dilansir dari CNN Indonesia.

Gempa yang terjadi selama 2 hingga 3 detik tersebut membuatwarga sempat merasakan panik hingga berhamburan keluar rumah. Gempa bumi susulan juga disebut sempat terjadi.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan,” ujar Asep.

Berdasarkan data, pihaknya mengatakan bahwa kantor Wali Kota Jayapura mengalami keretakan.

BACA JUGA :   Mahfud MD Sindir Praktik Money Politic

“Sementara dari data yang kami dapat di lapangan itu kantor Wali Kota Jayapura mengalami keretakan dan Mall Jayapura juga,” ujarnya.

Agar tidak terjadi hal tak diinginkan, pihaknya pun meminta para warga menghindari bangunan berlantai.

“Semua warga tetap waspada dan sementara waktu hindari bangunan berlantai dan mencari titik kumpul seperti lapangan untuk evakuasi,” paparnya. (*)

 

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura“. Mitrapost.com, 9 Februari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *