Cara Efektif Menghilangkan Kutil pada Wajah

Pesantenanpati.com – Tingkat kepercayaan diri seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kondisi kulit wajah yang sehat, sayangnya sebagian orang sulit untuk mencapainya karena adanya kutil di wajah.

Kutil adalah pertumbuhan kulit wajah yang terjadi karena lapisan atas kulit terkontaminasi human papillomavirus atau HPV. Tumor jinak ini biasanya menghasilkan nodul kecil dan kasar.

Ketika kutil tumbuh, mungkin sulit untuk dihilangkan, tetapi bukan berarti kutil tidak dapat hilang sepenuhnya.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kutil di wajah secara alami menggunakan pengobatan rumahan.

  1. Kentang

Mengutip dari HealthShot, cara alami menghilangkan kutil adalah dengan menggunakan kentang. Caranya potong kentang menjadi beberapa bagian, oleskan pada wajah hingga kutil tertutup sari kentang, lakukan secara rutin hingga kutil hilang.

  1. Lidah buaya

Jika kutil terasa gatal atau nyeri, sifat antibakteri lidah buaya dapat membantu mengurangi penyakit tersebut.

  1. Cuka sari apel

Sifat asam dari cairannya dapat melawan HPV. Kamu dapat mengompres kutil dengan cairan ini karena suka sari apel dapat merusak kulit yang terinfeksi sehingga kutil akan mengering dan rontok dengan sendirinya.

  1. Jus nanas

Seperti yang ditulis oleh HealthLine, jus nanas juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutil secara alami karena mengandung enzim yang dapat mengeringkan dan menghilangkan kutil dengan sendirinya.

  1. Tea tree oil

Minyak esensial ini bersifat antivirus dan antimikroba, sehingga baik untuk menghilangkan kutil.

  1. Bawang putih

Bahan selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah bawang putih. Kandungan antivirus dalam bawang putih dapat melawan HPV.

  1. Jus lemon

Caranya adalah dengan mengencerkan lemon dengan air. Satu studi menemukan obat alami ini efektif dalam menghilangkan kutil.

  1. Soda kue

Kamu dapat mencampurkan soda dengan cuka sari apel hingga menjadi seperti krim, lalu oleskan pada kulit yang terdapat kutil.

  1. Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika bahan madu memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya, salah satunya adalah menghilangkan kutil. Kamu dapat mengoleskan madu pada kutil di wajah. Kemudian tutupi permukaannya dengan perban.

  1. Kemangi

Salah satu daun sayuran ini ternyata bersifat antivirus, sehingga dapat membunuh virus penyebab kutil.

  1. Kulit pisang

Manfaat kulit pisang untuk mengobati kutil di wajah karena adanya enzim yang ampuh untuk mengobati kondisi ini.

BACA JUGA :   5 Cara untuk Mencegah Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini

Demikian beberapa obat yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutil pada wajah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *