7 Cara Menurunkan Demam Pada Orang Dewasa Tanpa Obat

Pesantenanpati.comDemam merupakan kondisi umum yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang lebih tinggi dari normal. Meskipun suhu tubuh dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain, suhu tubuh normal biasanya sekitar 98,6°F (37°C). Pada orang dewasa, demam terdeteksi ketika suhu tubuh di atas 38 °C.

Ada banyak hal yang memicu demam. Salah satunya adalah tanda infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Saat tubuh mengalami demam, sistem imun tubuh biasanya melawan beberapa bakteri dan virus.

Biasanya kondisi ini akan membaik dan hilang dengan sendirinya untuk sementara waktu. Banyak orang tidak membutuhkan obat saat sedang dalam kondisi tersebut. Namun, jika kondisi tidak kunjung reda selama tiga hari, sebaiknya kamu harus memeriksakan diri ke dokter untuk  mendapatkan pengobatan.

Sebaliknya, demam pada orang dewasa dapat diturunkan tanpa obat dengan beberapa langkah sederhana dan alami. Pengobatan rumahan pun dapat berguna untuk mengobati demam secara optimal. Inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan demam tanpa obat.

  1. Minum lebih banyak air

Minum banyak cairan penting saat dalam kondisi ini karena membantu mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh tetap sejuk. Selain air, kamu juga dapat minum jus dan teh tanpa kafein.

  1. Istirahat yang cukup

Melawan peradangan dapat menyebabkan kelelahan dan nyeri. Istirahat yang cukupdapat membantu tubuh melawan infeksi yang mendasarinya. Namun, tidak perlu memaksakan diri untuk istirahat atau tidur saat sudah merasa lebih baik.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan demam dan mengendurkan otot-otot tubuh.

  1. Gunakan Humidifier

Meskipun menggunakan humidifier tidak akan menurunkan suhu tubuh, namun hal itu akan meningkatkan kelembapan udara. Tentu saja akan dapat meredakan gejala pilek dan flu lainnya  seperti pilek, hidung tersumbat, dan batuk kering.

  1. Mengonsumsi kaldu tulang

Pada orang dewasa, konsumsi kaldu tulang dapat menurunkan demam tanpa obat tambahan. Kaldu dan sup bening dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika nafsu makan  menurun karena infeksi, konsumsilah kaldu dan sup juga dapat membantu memberikan nutrisi penting untuk membantu menjaga tubuh tetap kuat  melawan infeksi.

  1. Kompres hangat

Kompres hangat yaitu menutupi permukaan kulit dengan handuk yang  dibasahi air hangat dengan suhu maksimal 43 derajat celcius. Tempat untuk kompres biasanya di wajah, leher, dan tangan.

  1. Kenakan pakaian tipis

Mengenakan pakaian tipis dan selimut tipis saat tidur atau istirahat juga dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap rendah. Namun jika kamu  merasa kedinginan, maka gunakan selimut yang lebih tebal.

BACA JUGA :   Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Sehat

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi demam secara alami tanpa menggunakan obat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *