Mengenal Lebaran Ketupat dan Kapan Umat Islam Merayakannya?

Pesantenanpati.com – Perayaan lebaran baru saja dilewati umat Islam di seluruh dunia. Namun, sebagian umat Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa juga akan merayakan lebaran ketupat. Lantas, apa itu lebaran ketupat? Dan kapan dirayakannya?

Tradisi lebaran ketupat memang tidak tercantum dalam Al-Quran, pun begitu tidak di rayakan oleh Nabi Muhammad SAW. Walau demikian, lebaran ketupat ini tetap di gelar oleh sebagian besar umat Muslim di Pulau Jawa sepekan setelah hari raya Idul Fitri.

Apa itu lebaran ketupat?

Sejarah lebaran ketupat ini berawal dari kanjeng Sunan Kalijaga yang pertama kali memperkenalkan kepada masyarakat Jawa. Lebaran ketupat di rayakan pada satu minggu setelah Idul Fitri, yakni pada 8 Syawal setelah melaksanakan puasa sunnah selama enam hari.

Tradisi lebaran ketupat merupakan simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa. Kupat adalah akronim dari ngaku lepat (mengakui kesalahan). Sunan Kalijaga menggunakan simbolisasi ini dalam mensyiarkan ajaran Islam di Jawa yang pada waktu itu masih banyak orang meyakini kesakralan dari ketupat.

BACA JUGA :   Sejarah dan Bacaan Ayat 1000 Dinar

Apa itu lebaran ketupat dan adakah hubungannya dengan ketupat sebagai makanan? Sebagai makanan, ketupat bukan hal yang baru. Ketupat merupakan penganan rakyat yang sudah ada sejak 1700 Masehi.

Tradisi lebaran ketupat sendiri sudah ada sejak lama, bertepatan dengan proses masuknya agama Islam di tanah Jawa. Dalam beberapa catatan sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang pertama yang memperkenalkan tradisi lebaran ketupat. Sunan Kalijaga membudayakan dua kali lebaran, yakni lebaran Idul Fitri dan Lebaran Kupat (Lebaran Ketupat).

Lebaran ketupat juga di kenal sebagai kegiatan Syawalan tradisi lebaran yang menggambarkan simbol kebersamaan. Lebaran ketupat di Klaten, Jawa Tengah terkenal dengan sebutan “Kenduri Ketupat”.

Di era Wali Songo, merayakan lebaran ketupat ini biasanya dengan memanfaatkan tradisi slametan yang sudah berkembang di kalangan masyarakat. Pada masa itu, tradisi ini juga menjadi sarana untuk mengenalkan ajaran Islam mengenai cara bersyukur kepada Tuhan, bersedekah, dan bersilaturahmi di hari Lebaran.

Kapan Lebaran Ketupat 2023?

Umat Islam merayakan lebaran ketupat biasanya sepekan setelah Idul Fitri. Dengan demikian, Lebaran Ketupat 2023 jatuh pada Sabtu, 29 April 2023, tepat seminggu setelah Idul Fitri 2023 pada 22 April 2023. Saat lebaran ketupat, biasanya masyarakat kembali membuat ketupat lengkap dengan sayur, sambal goreng, dan bubuk kedelai. Makanan itu lalu di bawa ke tempat kenduri halaman rumah warga.

BACA JUGA :   Bacaan dan Terjemahan Doa Setelah Adzan

Selanjutnya, ketupat di tata sedemikian rupa dan di doakan bersama-sama oleh warga sebagaimana filosofi dari ketupat, yaitu mengaku lepat atau mengaku salah kepada Allah swt. Tradisi ini di awali dengan saling memaafkan sesama warga. Kemudian ketupat itu disedekahkan supaya kita dan keluarga kita selalu diberi kesehatan. Itulah penjelasan mengenai apa itu lebaran ketupat dan kapan dirayakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *