Rembang Berpotensi Miliki Kantor IPHI di Setiap Kecamatan dan Klinik Haji

Pesantenanpati.com – Menanggapi keinginan Ketua IPHI Rembang terkait pengadaan kantor IPHI di setiap Kecamatan, Sekretaris Pengurus Wilayah IPHI Jawa Tengah, H. Najahan Musyafak MA menyambut baik harapan tersebut. Apalagi, IPHII merupakan organisasi yang memiliki potensi luar biasa.

“Khidmat IPHI ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Kami mengapresiasi keinginan agar ada kantor di masing-masing cabang di kecamatan,” tutur Najahan.

Sebelumnya, pada Rabu (8/3), Abdul Hafidz, Bupati Rembang telah dilantik sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Rembang. Ia juga mengusulkan agar setiap kecamatan di Kabupaten Rembang memiliki kantor IPHI masing-masing.

“Kantor ini bisa untuk berdiskusi, bermusyawarah dan mengembangkan organisasi,” ucap Abdul Hafidz.

Selain itu, untuk mendorong pengembangan organisasi, Najahan juga memberikan rekomendasi agar IPHI dapat bergerak dan ‘menjamah’ hingga ke Bidang Kesehatan.

Menurutnya, fasilitas kesehatan ini perlu dibangun guna memenuhi salah satu kebutuhan para calon haji sebelum menjalankan kewajiban mereka. Ini juga menjadi salah satu cara pemerintah untuk mendukung calon haji dalam memenuhi syarat istithoah, yaitu memastikan para jemaah mampu dari segi Kesehatan.

BACA JUGA :   Pengunjung Wisata di Rembang Terus Meroket

Najahan menuturkan, hal ini dapat dimulai dengan mendirikan klinik pratama di Kecamatan. Dengan jumlah jemaah haji rata-rata 700-800 per tahun di Rembang, ia menilai IPHI berpotensi untuk membuka klinik kesehatan Haji tersebut.

“Kita bisa bergerak di bidang Kesehatan dengan mendirikan klinik pratama di kecamatan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menganjurkan untuk membangun kolaborasi bersama Puskesmas dalam rangka mengadakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh para jemaah haji.

“Bisa dengan menggandeng Puskesmas. Klinik ini bisa dimanfaatkan oleh calon haji untuk mengecek Kesehatan,” imbuh Najahan. (adv)

 

Rembang Berpotensi Miliki Kantor IPHI di Setiap Kecamatan dan Klinik Haji“. Mitrapost.com, 10 Maret 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *