Peristiwa Penting Bulan Rajab, Bulan yang Penuh Kemuliaan

Pesantenanpati.com – Agama Islam mengenal bulan Rajab sebagai bulan yang begitu mulia. Selama bulan Rajab, ada banyak amalan yang dapat kita kerjakan setiap hari dengan pahala yang melimpah.

Tentu saja ada banyak hal yang menyebabkan bulan Rajab sebagai bulan yang mulia. Hal itu sebab banyak peristiwa penting pada bulan Rajab yang terjadi di masa lalu. Bulan Rajab termasuk bulan al ashyur al-hurum atau bulan haram.

Haram dalam hal ini memiliki arti mulia. Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT bersamaan dengan bulan Zulqa’dah, Zulhijjah dan Muharram. Berikut beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi pada bulan Rajab.

  1. Nabi Muhammad mulai ada dalam kandungan ibunya

Rajab menjadi bulan yang sangat penting, sebab pada bulan inilah Nabi Muhammad SAW pertama kali berada di dalam kandungan. Sayyidah Aminah binti Wahab mengandung Nabi Muhammad, yang kemudian lahir sembilan bulan kemudian di bulan Rabiul Awal.

  1. Peristiwa Isra dan Mi’raj

Rajab juga menyimpan peristiwa terpenting bagi seluruh umat Islam. Hal itu karena di bulan inilah keajaiban Isra Mi’raj terjadi. Pada Isra Mi’raj, Allah Swt mengangkat Nabi Muhammad ke surga untuk bertemu dengan-Nya. Dalam konteks inilah Nabi Muhammad dimuliakan dan perintah shalat lima waktu diturunkan.

  1. Pembebasan Palestina

Pada akhir bulan Rajab, Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi membebaskan Baitul Maqdis di Palestina. Beliau melakukan pembebasan tersebut tanpa melalui perang bersenjata. Bahkan beliau mempersatukan umat Islam dalam satu akidah, yaitu agama Ahlussunnah Wal Jama’ah. Penggabungan keyakinan tersebut dianggap sebagai cara yang tepat dari pada perang bersenjata yang dapat merenggut banyak nyawa.

  1. Kelahiran Ali bin Abu Thalib, sahabat Nabi Muhammad saw

Salah satu sahabat Nabi yang terkenal yaitu Ali bin Abu Thalib, juga lahir di bulan Rajab, tepatnya  tanggal 13. Seperti yang kita ketahui bahwa Ali bin Abu Thalib tidak hanya seorang sahabat, namun juga merupakan sepupu dan menantu Nabi saw.

  1. Perang Tabuk

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab yaitu Perang Tabuk. Perang ini merupakan pertempuran terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad.

BACA JUGA :   Cara Install GB WhatsApp Versi Terbaru!

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada Bulan Rajab. Sangat penting untuk terus melakukan amalan saleh agar mendapatkan berkah di bulan yang mulia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *