Jelang Pemilu 2024, Tim Keamanan dan Bawaslu Saling Berkoordinasi

Pati, Pesantenanpati.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, tim keamanan dalam hal sainiSatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati diketahui telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Satpol PP mengaku akan menjadi bagian dari tim penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Pati.

Melalui keterangan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibuntranmas), Djuharianto Soegondo menyatakan bahwa dalam beberapa waktu telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perihal Pemilu tersebut.

Jojo, panggilan akrabnya menyatakan bahwa dalam rapat tersebut membahas seputar keterlibatan Satpol PP dalam jelang menghadapi Pemilu 2024.

“Sejauh ini sudah ada pelibatan sudah ada, baru beberapa waktu yang lalu, kita sudah gelar rapat bersama dengan Bawaslu untuk jelang pelaksanaan pemilu,” ungkapnya saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Sementara itu, pihaknya juga menerangkan dalam pembahasan tersebut juga berkaitan dengan penentuan sejauh mana kewenangan Satpol PP dalam ikut menertibkan penyelenggaraan Pemilu.

Salah satunya, Satpol PP berhak untuk membackup Bawaslu dalam menertibkan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Partai Politik dan juga calon politik.

BACA JUGA :   Ini Arti Kata Atapu yang Viral Dipakai di Medsos!

Pihaknya mencontohkan seperti pemasangan bendera partai yang tidak sesuai dengan lokasi serat APK lainnya yang melanggar ketentuan KPU.

“Nantinya kita akan bertindak untuk backup penertiban, untuk yang terdepannya tetap dari panwas. Perihal kebijakan misalnya pemasangan bendera atau alat peraga kampanye di tempat yang dilarang kan juga perlu diamankan. Seperti di sekolah-sekolah dan juga kantor pemerintahan,” jelas Jojo.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa di tahun 2023 penertiban tersebut dimungkinkan akan digencarkan kembali.

Mengingat pelaksanaan tahapan pemilu akan segeralah dilaksanakan mendekati Pemungutan Suara yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Selama tahun 2022 sendiri kita belum ada agenda itu, karena mungkin tahapan Pemilu sendiri juga belum dilakukan nggih. Tapi mungkin di tahun 2023 ini kita akan terlibat dalam hal itu,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *