Cara Menghindari Phising Modus File PDF di WhatsApp

Pesantenanpati.com – Berikut cara menghindari phising modus pdf melalui aplikasi WhatsApp.

Semakin canggih teknologi, semakin bahaya resikonya. Contohnya, maraknya penipuan yang terjadi kini memanfaatkan canggihnya teknologi.

Phising merupakan kejahatan siber yang saat ini marak di Indonesia.

Phising adalah teknik pengelabuan untuk mencuri informasi pribadi seseorang. Adapun data-data yang diincar biasanya mencakup data pribadi (nama, alamat, tanggal lahir), data akun (username dan kata sandi), serta data terkait akun-akun finansial (nomor rekening dan kartu kredit).

Salah satunya yang paling marak ditemukan adalah lewat aplikasi WhatsApp, di mana pengguna menerima pesan dengan tautan file PDF palsu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui posting akun Instagram mereka (@kemenkominfo) telah membagikan ciri-ciri file PDF yang patut dihindari pengguna.

Berikut adalah ciri-ciri dari file palsu yang perlu diteliti pengguna:

  1. PDF palsu tidak memiliki preview. Yang asli akan memiliki preview yang terlihat dalam ruang obrolan.
  2. Logo file PDF tidak berwarna merah. File yang palsu akan berwarna abu-abu.
  3. Ekstensi file mengandung huruf kapital (.Pdf atau .PDF). Ekstensi yang benar akan seutuhnya menggunakan huruf kecil (.pdf).
  4. Ukuran dokumen palsu biasanya besar, bisa mencapai hingga lebih dari 5 MB.
BACA JUGA :   Inilah Tips Instagram Marketing 2023!

Berikut hal yang perlu kamu lakukan pengguna apabila mendapat kiriman dengan ciri-ciri tersebut :

  • Periksa Nomor Pengirim

Sebelum mengakses kiriman apapun dari nomor yang mencurigakan, selalu cek lebih dulu identitas kontak tersebut. Biasanya, pengirim datang dari nomor tak kenal dan bukan merupakan nomor-nomor khas lembaga resmi, sehingga jangan pula langsung percaya apabila pengirim menyatakan berasal dari sumber-sumber penting.

  • Jangan Asal Klik

Tahap ini bisa kalian lakukan lebih dulu atau setelah memastikan identitas kontak. Segala kiriman maupun pengirim yang mencurigakan sebaiknya jangan terima. Jangan mencoba buka file apapun yang dikirimkan mereka.

  • Hapus Obrolan

Apabila kalian yakin pesan-pesan tersebut mencurigakan atau bahkan terjamin merupakan upaya phising, kalian bisa langsung menghapus percakapan tersebut. Kalian bisa juga memblokir nomor bersangkutan agar tidak berulang-kali dikirimkan pesan yang sama di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *