8 Ide Dekorasi Rumah yang Elegan Untuk Menyambut Lebaran

Pesantenanpati.comLebaran akan akan segera datang dalam beberapa hari. Umat ​​Islam di seluruh dunia tentu akan merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita bersama keluarga. Kamu dapat menyambut hari spesial Idul Fitri lebih istimewa dengan mendekorasi rumah bertema lebaran. Dengan dekorasi rumah yang memiliki nuansa “Idul Fitri yang sesungguhnya”, kamu, keluarga, dan tamu akan semakin bersemangat untuk berkumpul di rumah. Berikut 8 ide dekorasi rumah stylish dari berbagai sumber untuk menyambut lebaran :

  1. Karpet di ruang tamu

Banyak orang fokus pada hiasan dinding saat mengatur desain rumah mereka. Namun, nuansa Idul Fitri juga bisa dihadirkan di rumah, mulai dari lantai ruang tamu. Kamu dapat meletakkan karpet atau ala Timur Tengah yang cantik untuk menghiasi ruangan. Karpet wol tebal dengan pola Timur Tengah menciptakan suasana nyaman dan damai di ruang tamu.

  1. Dekorasi DIY Idul Fitri

Membuat hiasan DIY bertema lebaran sesuai kreativitas juga dapat menjadi ide dekorasi menjelang lebaran. Kamu dapat mencari inspirasi di internet untuk simbol-simbol tertentu yang berkaitan dengan Idul Fitri, seperti bulan, bintang, atau kubah masjid. Jadikan dekorasi lebaran semakin cantik dengan menggunakan kertas berwarna cerah.

BACA JUGA :   3 Rekomendasi Olahraga Ringan di Pagi Hari

Jangan lupa memadukannya dengan lampu terang atau dekoratif. Selain itu kamu juga dapat menggantungnya di dinding ruang tamu atau di depan pintu sebagai ucapan selamat datang.

  1. Lampu hias dan tanaman

Balkon juga dapat kamu hias agar lebih nyaman dan suasana Idul Fitri. Kamu dapat berbincang dengan sepupu di sudut balkon  rumah. Gunakan gorden putih cantik dan tambahkan tanaman pot serta kursi yang nyaman.

Gantung lampu dan dekorasi bertema Idul Fitri di dinding untuk menyatukan tampilan. Kamu dan keluarga bisa tetap berada di balkon untuk minum kopi dan memandangi dekorasi lebaran yang telah kamu buat. Di malam hari, kamu juga bisa menambahkan lilin aromaterapi untuk menghangatkan suasana balkon.

  1. Hiasi meja makan

Makanan dan kue kering merupakan bagian tak terpisahkan dari Idul Fitri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mendekorasi sekeliling meja makan di rumah. Sebagai permulaan, kamu dapat  menyiapkan menu khas hari raya seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kurma dalam sajian warna-warni di meja makan. Untuk mempertegas suasana idul fitri, kamu juga dapat memasukkan makanan ke dalam peralatan makan dari logam. Selain itu, perlu juga menambahkan lilin dan bunga untuk menghiasi meja makan.

  1. Hiasi rumah dengan lampion atau lentera

Ide selanjutnya, kamu bisa mendekorasi rumah dengan lampion Fanous atau  tradisional. Kamu dapat menggantung lampion di ruang tamu, meja makan, atau balkon. Lampu bintang dan bulan sabit dengan lentera juga bisa kamu tambahkan. Fanous adalah lampu untuk penerangan jalan dan rumah, digunakan pada zaman dahulu saat Ramadhan.

  1. Bantal dan gorden

Selanjutnya kamu dapat mendekorasi rumah dengan bantal dan gorden beraksen gemerlap. Tempatkan bantal-bantal kecil di ruang tamu agar tamu yang hadir bisa bersandar dengan nyaman. Pastikan untuk mengganti gorden di ruang tamu dengan warna yang lebih cerah untuk menyambut keluarga-keluarga selama musim hari raya.

  1. Bunga

Menempatkan bunga di beberapa sudut rumah juga bisa menjadi ide dekorasi. Aroma bunga dan aura keindahan akan terpancar dari rumah saat tamu datang berkunjung.

  1. Hiasi ruang sholat

Ruang sholat atau musala, adalah sudut rumah yang paling spiritual. Karena di sana kamu bisa menjalin kedekatan dengan sang pencipta melalui doa. Maka dari itu, kamu bisa mendekorasi mushola rumah dengan lampu, gorden, dan sajadah bermotif cantik. Beribadah di mushola yang bersih dan asri, juga akan membuat para tamu merasa betah. Selain itu kamu juga bisa memajang bingkai berisi kutipan kutipan atau ayat Alquran di dinding mushala untuk menambah sentuhan positif saat hari raya.

BACA JUGA :   Kepala Bapanas Pastikan Beras Tersedia di Bulan Puasa

Nah, itulah beberapa ide dekorasi rumah untuk menyambut hari raya idul fitri. Semoga referensi ini bisa menambah semangat kalian untuk mendekorasi rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *