Wajibkah Antivirus untuk HP Android?

Pesantenanpati.com – Apakah wajib bagi hp android memakai antivirus?

Antivirus merupakan perangkat lunak pada komputer yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus virus yang dapat merusak sistem operasi. Antivirus yang beredar saat ini juga mampu melindungi komputer dari serangan hacker dan dilengkapi kemampuan mendeteksi software pengintai serta fitur anti spam untuk mencegah masuknya virus melalui kotak masuk pengguna.

Kemudian Apakah kemampuan tersebut berlaku pada sistem operasi di hp?

Jangan khawatir, karena perangkat yang dibangun pada ponsel saat ini sudah kuat untuk melawan virus yang mengintai.

Terdapat dua sistem operasi ponsel yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu Android dan iOS. Keduanya sama-sama memiliki sistem keamanan yang ketat dalam mencegah serangan peretas. Akan tetapi, sistem keamanan pada Android dinilai lebih lemah dari iOS. Namun, bukan berarti Android rentan terkena virus, ya! Berikut penjelasan bagaimana cara Android melindungi ponsel anda dari virus.

Google Play Protect

Perlindungan terbesar Android untuk melawan virus adalah dengan adanya fitur “Google Play Protect” yang dapat memantau virus-virus yang berusaha masuk kepada ponsel. Setiap HP Android memiliki Google Play Store yang didalamnya sudah termasuk proteksi keamanan ponsel. Fungsi Play Protect pada Android tak hanya memindai keamanan aplikasi yang diunduh, tapi termasuk perlindungan ketika sedang berselancar di internet melalui Google Chrome.

BACA JUGA :   Viral Jadi media Selingkuh Syahnaz, Berikut Cara Chatting Via Gojek

Android juga memiliki Monthly Security Update yang mengharuskan pengguna untuk memperbarui sistem keamanan setiap bulan. Sistem ini juga membantu memperbaiki bugs yang menganggu terhadap kelancaran kinerja ponsel ketika digunakan.

Pengguna HP Android tidak wajib mengunduh Antivirus tambahan. Pasalnya, sistem keamanan yang diberikan Google Play sudah berlapis-lapis sehingga menyulitkan virus untuk menyusup ke dalam sistem operasi.

Setiap aktivitas yang dilakukan pengguna telah dilindungi dan akan selalu diberi peringatan jika terjadi gangguan. Meskipun demikian, tak ada salahnya sebagai pengguna menghindari beberapa hal berikut untuk meningkatkan proteksi ponsel dari serangan virus.

 

Demikian informasi mengenai apakah wajib hp android ada antivirus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *