Bikin Stiker Whatsapp Pakai Foto Orang Bisa Dipenjara?

Pesantenanpati.com – WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

WA atau WhatsApp sendiri adalah aplikasi perpesanan instan lintas platform gratis yang dirancang untuk ponsel cerdas. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya bertukar pesan tanpa pulsa, karena aplikasi ini berkomunikasi menggunakan jaringan Internet.

Demi memuaskan pengguna, WhatsApp menyediakan berbagai macam layanan dan fitur. Salah satu fitur dari apliaksi naungan Meta ini adalah stiker WhatsApp.

Stiker ini memungkinkan kamu untuk berbagi ekspresi dengan cara yang kreatif tanpa harus menggunakan emotikon biasa.

Namun, pengguna kini nampaknya harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan menggunakan wajah orang lain dalam stiker WhatsApp tanpa izin bisa mendatangkan masalah serius.

Di Indonesia, terdapat Undang-Undang yang mengatur privasi orang lain, termasuk penggunaan wajah mereka dalam stiker WhatsApp. Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang ITE menjelaskan bahwa seseorang tidak boleh dengan sengaja dan melawan hukum mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, atau menyembunyikan informasi elektronik atau dokumen elektronik milik orang lain atau milik publik.

BACA JUGA :   Daftar HP Xiaomi yang Dapat HyperOS 2024

Menurut Pasal 48 ayat 1, pelanggar yang terbukti bersalah dapat dihukum dengan pidana penjara maksimal 8 tahun dan/atau denda sebesar Rp2 miliar.

Selain itu, ada juga Pasal 26 ayat 2 yang memungkinkan orang yang merasa privasinya dilanggar untuk mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan Undang-Undang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *