Pemkab Rembang Dapat Penghargaan Gerakan Menuju Kota Cerdas “Smart City” dari Kemenkominfo

pesantenanpati.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mendapat penghargaan gerakan menuju Kota Cerdas “Smart City” dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), di Hotel Grand Sahid Jakarta Kamis (1/12/2022).

Penghargaan diberikan atas komitmen Pemkab berupaya mewujudkan Rembang sebagai Kota Cerdas atau Smart City.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, kepada Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Rembang, Prapto Raharjo yang ikut mendampingi Wabup Hanies di Jakarta mengatakan Rembang bersama 49 kabupaten kota lainnya memang tahun 2022 ini tengah berproses menuju Kota Cerdas. Selain itu Rembang juga telah menyelesaikan Master Pland Smart Citynya.

“Ada 50 kabupaten/kota yang mengikuti program gerakan menuju smart city dan diundang Kementrian Kominfo menerima penghargaan. Atas komitmennya mengikuti smart city dan sudah selesaikan masterpland,” kata Prapto.

Lebih lanjut, Prapto mengungkapkan tindak lanjut menuju smart city setahun setelah mendapat bimbingan teknis dari kementerian yaitu masuk ke tahapan evaluasi.

Evaluasi itu mencakup enam dimensi dari smart city.  Enam dimensi itu yakni tata kelola birokrasi (smart governance), pemasaran daerah (smart branding), perekonomian (smart economy), ekosistem permukiman penduduk (smart living), lingkungan masyarakat (smart society), dan pemeliharan lingkungan (smart environment).

BACA JUGA :   Jalan Ambles Terjadi di Rembang

Dalam mewujudkan Rembang smart city, pihaknya sebatas koordinator dalam tim. Menurutnya, kesuksesan ada pada kerja sama seluruh tim atau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Peran Kominfo hanya sebagai koordinasi, intinya keterlibatan di semua tim. Tidak ada supermen, yang ada super tim. Tim Pemkab Kabupaten Rembang, semua OPD terlibat didalamnya,” pungkasnya. (*)

 

“Pemkab Rembang Dapat Penghargaan Gerakan Menuju Kota Cerdas “Smart City” dari Kemenkominfo”. Mitrapost.com, 01 Des 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *