Ramah Disabilitas, Koridor Trans Semarang Ditargetkan Miliki Bus Low Deck

Pesantenanpati.com – Semua koridor Trans Semarang ditargetkan memiliki bus low deck, sebagai upaya ramah disabilitas.

Sebelumnya, Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, juga mulai mengoperasikan bus low deck yang ramah terhadap disabilitas.

Berdasarkan keterangan dari Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Hendrix Setiawan menjelaskan bahwa pihaknya sengaja mengoperasikan armada bus low deck untuk mendukung Semarang sebagai kota inklusi dan ramah disabilitas, pada bidang transportasi yang disediakan Pemkot Semarang.

Dengan adanya bus low deck ini, maka penumpang disabilitas bisa langsung naik dari bawah, tanpa menggunakan halte.

“Bus low deck ini bisa untuk disabilitas. Kaum disabilitas bisa naik langsung dari bawah, tidak perlu naik dari halte,” kata Hendrix.

Sebenarnya, bus biasa atau high deck juga telah disediakan ruang untuk penumpang prioritas, termasuk disabilitas. Akan tetapi, belum semua halte memiliki kemiringan dalam kategori yang standart untuk disabilitas, sehingga pihaknya pun melakukan pengadaan bus yang ramah disabilitas.

“Kita punya satu bus low deck yang berada di Koridor 3 dengan kapaaitas 30 penumpang termasuk untuk disabilitas” bebernya.

BACA JUGA :   Pemprov Jateng Siapkan Perda Pembentukan Dana Cadangan Pilkada 2024

Hendrix menargetkan semua koridor Trans Semarang memilki bus low deck. Pihaknya mendorong para konsorsium Trans Semarang melakukan peremajaan.

“Kami targetkan setiap koridor ada bus yang ramah disabilitas, kita dorong para konsorsium yang akan melakukan peremajaan untuk bisa memenuhi ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, armada ini sendiri dilengkapi kartu khusus disabilitas yang diluncurkan oleh Trans Semarang beberapa waktu lalu. “Inovasi ini menjadi komitmen kami melayani masyarakat, termasuk kaum difabel,” pungkasnya. (*)

 

“Ramah Disabilitas, Koridor Trans Semarang Ditargetkan Miliki Bus Low Deck”. Mitrapost.com, 21 Sept 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *