Warga Kayen Idap Penyakit Pernapasan, Ini Penyebabnya

Pati, Pesantenanpati.com – Banyak dari masyarakat Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang mengidap penyakit pernapasan yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kepala Puskesmas Kayen, dr Indri Kurnia Sari mengungkapkan ada sebanyak 4.645 orang yang mengalami gangguan pernapasan, dan yang terkonfirmasi ISPA yakni sebanyak 4.572 orang. Data itu per Agustus 2023.

Sementara pasien yang lain yakni penderita pneumonia sebanyak 73 orang dan juga 20 orang pasien yang terkonfirmasi mengalami Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

“Data terakhir yang kami terima itu ada 4 ribu lebih warga sini yang mengeluh terhadap gangguan pernapasan, itu dimulai dari sekitar bulan Juni dan sampai sekarang. Banyak dari mereka yang mengaku pilek, flu, batuk, sakit tenggorokan dan juga ada asma,” ucapnya.

Penyebabnya adalah salah satunya karena debu saat musim kemarau. Selain itu juga kondisi daya tahan tubuh masyarakat yang menurun, ditambah lagi asupan gizi yang kurang serta dapat menyebabkan masyarakat alergi terhadap debu ataupun perubahan cuaca.

BACA JUGA :   Pendaftaran PPS Kini Diperpanjang Sampai 30 Desember, Segera Daftar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *