Resah Banyak yang Buah Sampah Sembarangan, Pria di Pati Olah SOD Jadi Pakan Ternah dan Pupuk

Pati, Pesantenanpati.com – Berawal dari keresahan melihat banyak yang buang sampah sembarangan di lingkungan sekitarnya, Marnoto (23) pria asal Desa Mintomulyo, Mbangu, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati mengolah limbah sampah organik dapur (SOD) menjadi pakan ternak dan pupuk tanaman.

Ia mengaku telah menggeluti dunia perlimbahan sampah organik sejak 10 bulan lalu.

“Ide awal saya memanfaatkan sampah organik ini, awalnya saya itu melihat disekitar tempat tinggal masih banyak warga yang membuang sampah organik sembarangan. Sampah organik ini lebih ke limbah, SOD (sampah organik dapur),” jelasnya.

“Nah, dari situ saya mulai berpikir. Bisa apa tidak, sampah organik ini dimanfaatkan agar menjadi limbah yang lebih berguna yang tidak terbuang begitu saja. Dan akhirnya saya manfaatkan untuk pakan ikan dan hewan ternak di rumah dan untuk sisa pakan maggot (kasgot) saya gunakan untuk pupuk tanaman,” tambahnya.

Dituturkan Marnoto, dalam mengelola sampah organik tersebut terbagi menjadi tiga tahap. Pada tahap pertama dengan mengumpulkan sampah, pada tahap kedua yakni proses fermentasi dan pencampuran sampah, dan tahap terakhir yakni dekomposer sampah.

BACA JUGA :   Maling Curi Kotak Amal Masjid Pakai Mobil di Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *