Putung Rokok Sering Jadi Penyebab Kasus Kebakaran di Pati

Pati, Pesantenanpati.com – Kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Pati seringkali disebabkan oleh putung rokok yang dibuang sembarangan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Damkar dan Linmas Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, Heru Kristanto.

“Di musim kemarau yang panasnya ekstrem ini sering terjadi kebakaran yang begitu cepat, dan salah satunya diakibatkan oleh putung rokok,” sebutnya.

“Dan masyarakat sering kali membuang putung rokok secara sembarangan, apalagi rokoknya masih menyala. Dan itu menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran ditambah dengan angin yang begitu kencang pasti akan tambah cepet,” tambah dia.

Oleh karena itu, ia menilai perlu ada rasa peduli dan kesadaran dari masyarakat mengenai hal itu.

“Sehingga harus ada rasa kepedulian, ada rasa kesadaran, dari diri sendiri terhadap hal ini. Supaya terjadi kebakaran yang tidak berlarut-larut,” lanjutnya.

Ia mengaku, selalu memberikan imbauan dan mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak membuang putung rokok yang masih dalam keadaan menyala.

Pihaknya tidak melarang masyarakat merokok, melainkan meminta masyarakat untuk tidak membuang putung sembarangan dan memastikan saat membuang, keadaan putung rokok benar-benar sudah tidak hidup.

BACA JUGA :   Mudahkan Pengurusan Identitas Kependudukan, Disdukcapil Pati Buka Layanan Pengaduan

“Sudah sering kali diingatkan dan memberi imbauan untuk jangan membuang putung rokok sembarangan, apalagi dalam keadaan yang masih menyala. Harus dipastikan api benar-benar mati dan tidak menyala,” tutupnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *