Prihatin dengan Radikalisme Beragama, MUI Pati Gelar Sosialisasi

Pati, Pesantenanpati.com – Berangkat dari kekhawatiran akan kecenderungan radikalisme beragama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pati pun menggelar Sosialisasi Pendidikan Moderasi Beragama bagi Guru PAI SMA dan SMK se-Kabupaten Pati di Bakorwil Timur Senin (31/7/2023).

Ketua Umum MUI Kabupaten Pati, Abdul Karim mengungkapkan berdasarkan laporan dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan menyebutkan bahwa tidak kurang 15 provinsi di tanah air ini telah terpapar gerakan radikal.

“Ini sungguh sangat memperhatikan. Belum lagi sekitar 39 persen mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia telah terpapar gerakan radikal,” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati, Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Ketua Baznas Kabupaten Pati. Sedangkan narasumbernya adalah Endro Dwi Cahyono selaku Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Mayadani Rohmi Musfiroh dari UNISNU Jepara dan Moh Dzofir dari Pasca Sarjana IAIN Kudus.

Abdul Karim mengatakan jika MUI Kabupaten Pati lebih memfokuskan sosialisasi kepada guru PAI SMA dan SMK dikarenakan berdasarkan penelitian ada 23,3 persen pelajar tingkat SLTA yang terpapar gerakan radikal.

BACA JUGA :   Simpang Tiga Sampangan Guyangan Rawan Terjadi Kecelakaan, Dishub Lakukan Pengecekan

“Inilah mengapa Majelis Ulama Indonesia menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di siang hari ini dengan maksud bapak ibu guru agama di SMA dan SMK se-Kabupaten Pati bisa melanjutkan sosialisasi ini kepada peserta didik yang akan meneruskan ke perguruan tinggi,” imbuhnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *