Pokdarwis Cerita Waduk Gembong dan Pengelolaannya

Pati, Pesantenanpati.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Waduk Gembong bercerita banyak hal mengenai Waduk Gembong atau Waduk Seloromo.

Ketua Pokdarwis Waduk Gembong, Mohammad Choirul Umam mengungkapkan sumber air di Waduk Gembong berasal dari waduk bangunan Belanda yang berasal dari Desa Bageng kemudian turun ke waduk tersebut.

Dimana sekitar waduk bangunan Belanda bagian atas memiliki pepohonan yang sangat banyak. Sehingga bisa dikatakan ketika pohon bagian atas gunung banyak, maka sumber air di Waduk Gembong juga banyak.

“Jadi gini, sumber banyu waduk iku tadi (waduk Deso Banggeng) mudun ke Waduk Seloromo atau Waduk Gembong. Sehingga banyu itu kan dari pohon-pohon tadi ya, jadi nek pohonya selot banyak berarti banyune selot akih,” ungkap Umam.

Berbeda, jika debit air di Waduk Gembong tinggi yakni disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga tertampung di Waduk Gembong.

“Dan debit air waduk itu tinggi dikarenakan juga curah hujan, jadi kalau hujan tinggi maka air akan tertampung di Waduk Gembong itu tadi. Jadi bukan karena air hujan sumbernya itu,” tambah dia.

BACA JUGA :   Pelantikan 27 Pejabat Fungsional Lingkup Pemkab Pati Dilakukan Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *