Pemkab dan BAZNAS Pati Salurkan Bantuan pada Nelayan

Pati, Pesantenanpati.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan juga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan sembako kepada ribuan warga pesisir dari keluarga nelayan.

Total keseluruhan penerima sembako tersebut berjumlah 1.395. Dimana keseluruhan penerima yakni dari unsur nelayan yang sudah jompo dan juga janda nelayan, yang masing-masing berjumlah 625 orang dan 770 orang.

“Penerimanya yakni janda dari nelayan dan jompo nelayan aktif yang usianya sudah 60 tahun ke atas. Keseluruhan ada 1.395 orang,” ungkap Pejabat Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Taryadi.

Lebih lanjut, Taryadi menjelaskan para penerima bantuan memperoleh paket sembako yang berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng dan 1 kg gula.

Sementara untuk warga penerima merupakan nelayan yang tergabung dalam 12 kelompok yang tersebar di Desa Alasdowo, Trimulyo, Bajomulyo dan juga Banyutowo.

Taryadi menjelaskan bahwa baru tahun ini dirinya menggandeng BAZNAS dikarenakan dari DKP tidak memiliki anggaran guna menyelenggarakan kegiatan sosial tersebut. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya bantuan memang sudah dicover oleh Pemkab Kabupaten Pati.

BACA JUGA :   Jelang Ramadan, Tempat Hiburan di Pati Harus Tutup

“Karena baru tahun 2023 ini DKP tidak ada anggaran, maka kamu matur ke Pak PJ, akhirnya mengajak Baznas, dan disetujui untuk menyalurkan bantuan itu,” terangnya.

Melalui bantuan tersebut juga diharapkan dapat membantu sedikit akan kebutuhan nelayan di masa paceklik yang terjadi pada tahun ini. Dimana hal tersebut dinilai menjadi salah satu upaya guna mengatasi kondisi nelayan pada masa sulit yang sebelumnya terjadi pada para nelayan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *