Luapan Sungai Akibatkan 145 Ha Sawah Tergenang Banjir

Pati, Pesantenanpati.com – Luapan Sungai Silugonggo menyebabkan sebanyak 145 Hektar (Ha) sawah di Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati tergenang banjir pada Senin 2 Januari 2022.

Hal ini membuat lahan yang telah ditanami menjadi terancam gagal panen karena diterjang luapan air sungai tersebut.

Menurut Zaenal Arifin, Kepala Desa Margomulyo, air menggenangi sawah seluas 145 Ha yang ditanami padi. Penyebabnya, karena curah hujan yang tinggi beberapa hari ini.

“Tandurane kelep kabeh (tanamannya terendam semua), 145 Ha terancam gagal panen karena terkena banjir dari sungai,” ucapnya, Senin (2/1/2023).

Selain itu ia juga mengungkapkan, selain sawah yang tergenang, jalan di desanya sepanjang 1.000 m juga terendam air setinggi 30 cm.

Adapun lahan sawah yang terendam banjir ia mengatakan berada di Dukuh Kalangan, Gempol, Tapen, Sinoman dan Triwil.

Saat ditanyakan berapa jumlah kerugian, ia belum bisa memperkirakan, karena ratusan hektar sawah yang ditanami padi itu terlihat tidak ada tanda kehidupan lagi.

“Untuk kerugian belum bisa ditafsir namun kegagalan panen itu sudah pasti,” singkatnya.

BACA JUGA :   Kasus di Juwana Jadi Satu-satunya Perkara Pembunuhan yang Ditangani PN Pati di 2022

Ia lantas mengungkapkan, banjir di awal tahun 2023 lebih besar dibanding tahun kemarin. Pasalnya, pada tahun 2022 kemarin banjir tidak sampai ke lahan sawah dan pemukiman Desa Margomulyo Juwana, namun kali ini banjir merata menggenangi hampir pedukuhan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *