Kemenag Pati Salurkan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi kepada Madrasah

Pati, Pesantenanpati.com – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menyalurkan bantuan kinerja dan bantuan afirmasi (BKBA) kepada madrasah di Kabupaten Pati.

Ada 16 lembaga pendidikan madrasah di Pati yang menerima bantuan ini, dengan total bantuan mencapai Rp2,15 miliar.

Melalui Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kabupaten Pati, Ruhani mengungkapkan 16 madrasah yang menerima bantuan itu diantaranya 11 lembaga yang mendapat bantuan afirmasi (BA) dengan besaran Rp150 juta per lembaga.

Sementara untuk 5 lembaga lainnya mendapatkan bantuan kinerja (BK) dengan masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp100 juta.

“Total ada 16 lembaga, nilai afirmasi yang diterima Rp150 juta, bantuan kinerja Rp100 juta. Penerima afirmasi 11 lembaga, sedangkan kinerja ada 5 lembaga,” katanya saat ditemui pada Selasa, (25/7/2023).

Lebih lanjut, Ruhani mengatakan bahwa saat ini para penerima bantuan tersebut telah menghadiri workshop yang diselenggarakan di Semarang. Dimana workshop ditujukan untuk mensosialisasikan penggunaan bantuan yang akan diterima bagi peningkatan kelembagaan.

“Dan saat ini sedang mengikuti undangan ke Semarang workshop berkaitan dengan BKBA, untuk pelaksanaannya ya menunggu hasil dari sosialisasi melalui workshop itu, jadi kegunaan itu nantinya diperuntukkan bagi apa saja,” tambahnya.

BACA JUGA :   Bocah 3 Tahun Ditinggal Orang Tuanya di Pasar Pati

Untuk diketahui 16 lembaga yang memperoleh bantuan merupakan madrasah yang masih swasta di Kabupaten Pati.

Ruhani menjelaskan bahwa penerima bantuan kinerja didasarkan pada kinerja lembaga yang baik, namun secara sarana prasarana masih dianggap kurang. Sementara untuk bantuan afirmasi didasarkan pada bagi madrasah yang berkomitmen meningkatkan lembaga namun terbatas fasilitas yang ada di madrasah.

“Penerima ini dinilai dari dari sisi sarpras Lemabang berkurang, namun madrasah itu bagi ditingkat penginputan data dan bagus secara prestasi maka mendapatkan bantuan,” tandasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *