Hadirkan Wilayah Lokus, Tim AKS Pati Gelar Diseminasi Audit Tahap 2

Pesantenanpati.com – Tim Audit Kasus Stunting (AKS) Kabupaten Pati menggelar kegiatan diseminasi hasil audit lokasi khusus (Lokus) stunting tahap 2.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Rajawali Kantor Bappeda Kabupaten Pati pada Selasa (27/12/2022) tersebut menghadirkan wilayah sasaran Lokus AKS di wilayah Kabupaten Pati.

Pada kesempatan tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua AKS yang juga merupakan Kepala DINSOS P3KB Pati, Indriyanto bersama dengan Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB), Besti Ihdinasari.

Selain itu, turut hadir pula Koordinator Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) sekaligus Kepala Bappeda Pati, Muhtar untuk membuka kegiatan diseminasi AKS Tahap 2.

Melalui sambutan singkatnya, Muhtar memberikan arahan perihal penanganan stunting diperlukan adanya inovasi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ia menyarankan agar dilakukannya evaluasi setiap 6 bulan sekali. Hal demikian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progres intervensi terhadap penerima program stunting.

“Penanganan Stunting yang bisa dilaksanakan berbasis inovasi, minimal Kecamatan harus ada 1 inovasi, begitu juga untuk targetnya nanti 1 OPD harus punya satu inovasi. Kemudian hal lainnya juga penting untuk dilakukan evaluasi rutin setiap 6 bulan sekali terkait dengan pelaksanaan program yang dijalankan,” katanya.

BACA JUGA :   Berikut Daftar Kecamatan di Kabupaten Pati yang Terendam Banjir

Selain itu, ia juga menerangkan bahwa pelaksanaan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang telah berlangsung harus dapat dikontrolnya untuk berikan secara tepat.

Melalui kegiatan tersebut pula, pihak penyelenggara juga menggandeng tim ahli yang oleh dr. Joko.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Indriyanto menerangkan bahwa dalam kesempatan tersebut, juga dihadiri oleh Camat, perwakilan puskesmas serat bidan desa wilayah Lokus AKS Tahap 2.

Pihaknya menyatakan bahwa hasil dari AKS Tahap 2 menyasar pada tiga yang berada di wilayah Kecamatan Gembongan, Kecamatan Tlogowungu dan juga Kecamatan Cluwak.

“Jadi pada hari ini mas, kita juga hadirkan camat yang wilayah Lokus, termasuk juga bidan desanya serta puskesmas. Pada tahap 2 nanti sasaran RTL ada desa Sitiluhur, Tanjungsari dan Cabak mas,” terangnya. (*)

 

Hadirkan Wilayah Lokus, Tim AKS Pati Gelar Diseminasi Audit Tahap 2“. Mitrapost.com, 27 Des 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *