91 Orang Jalani Bedah Katarak Gratis di RSUD Soewondo Pati

Pesantenanpati.com – Dari 236 peserta yang di screening hanya 91 orang yang lolos dan menjalani operasi bedah katarak gratis di RSUD Soewondo Kabupaten Pati.

Kasubag Tata Usaha Sentra Margo Laras Pati, Syam Fathurrachmanda mengatakan bahwa hanya puluhan orang yang teridentifikasi menderita penyakit katarak sementara. Sedangkan yang lainnya menderita jenis kebutaan lain.

Para peserta yang tidak lolos dalam screening tersebut diarahkan untuk menjalani pengobatan lainnya.

“Kami screening dan didapatkan 91 lolos untuk mengikuti operasi katarak gratis,” kata ujar Syam, Jumat (16/12/2022).

Operasi kepada peserta yang lolos digelar dua hari yakni Kamis dan Jumat, 15-16 Desember 2022.

“Operasi dibagi dua hari, 50 warga menjalani operasi pada hari Kamis (15/12/2022) dan sisanya 41 orang pada hari Jumat (16/12/2022),” imbuhnya.

Sejak awal program bedah katarak gratis diumumkan, animo masyarakat sangat tinggi. Terbukti 236 warga dari sejumlah wilayah di Jawa tengah diantaranya Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Demak hingga Semarang ikut mendaftar.

Kegiatan bedah katarak gratis ini merupakan rangkaian acara dari peringatan Hari Disabilitas internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos RI).

BACA JUGA :   Satpol PP Pati Berikan Toleransi Pembongkaran Warung di Margorejo Hingga 12 Juni Mendatang

Di Pati, pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui salah satu UPT milik Kementerian Sosial RI yakni Sentra Margo Laras di Pati.

Kegiatan ini juga terselenggara atas kerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jateng dan RSUD RAA Soewondo Pati.

Acara serupa juga digelar 31 sentra kementerian sosial RI se Indonesia sejak tanggal 1 Desember lalu. Sementsra puncak acara akan dipusatkan di Klungkung Bali pada tanggal 20 Desember mendatang. (*)

 

91 Orang Jalani Bedah Katarak Gratis di RSUD Soewondo Pati“. Mitrapost.com, 16 Des 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *