2 Dapur Umum Disiapkan untuk Salurkan Ribuan Nasi Bungkus Bagi Korban Banjir Pati

Pesantenanpati.com – Terdapat dua dapur umum yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pati untuk menyalurkan ribuan nasi bungkus bagi korban banjir.

Dapur umum yang disediakan oleh Pemkab Pati ini terpusat di Kecamatan Gabus.

Dapur umum didirikan untuk meringankan beban masyarakat di beberapa kecamatan yang masih terdampak banjir.

Priyono Arif Fandillah Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi kantor BPBD Pati mengatakan, dapur umum Pemkab dilengkapi oleh dua unsur organisasi perangkat daerah yakni BPBD dan Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Pati.

Adapun dua dapur umum tersebut, berada di Desa Mintobasuki dan Banjarsari Kecamatan Gabus. Dapur umum ini akan beroperasi hingga tanggal 9 Januari 2023 dan bisa diperpanjang melihat kondisi banjir.

“Kemarin setelah rapat dengan pak Pj Bupati untuk menanggulangi dampak banjir. Kita buat dapur umum dari tanggal 3 Januari hingga tanggal 9 Januari,” ujar Arif kepada Mitrapost.com, Rabu (4/1/2023).

Dalam sehari, dapur umum bisa memproduksi nasi bungkus sebanyak 2 ribu buah. Seribu untuk dibagikan pagi hari, sisanya dibagikan sore.

“Nasi bungkus bukan hanya disalurkan ke Mintobasuki dan Banjarsari, tapi bisa ke kecamatan lain pokoknya sehari kita buat 2 ribu porsi,” imbuh Arif.

BACA JUGA :   Warga Terdampak Banjir di Pati Mulai Terserang Penyakit

Sementara Tri Haryumi, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos P3AKB Kabupaten Pati menambahkan, untuk penanganan banjir pihaknya menurunkan 29 Tagana.

“Kita dianjurkan 29 orang Tagana semua terjun ke lapangan. Kemarin sudah ada evakuasi dan mengadakan pendataan banjir di Juwana, sukolilo, gabus, jakenan, dan kayen,” terang Tri Haryumi. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *