Berbagai Manfaat Olahraga Renang yang Bagus untuk Kesehatan

Pesantenanpati.com –  Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapat jika rutin melakukan olahraga renang. Tidak bisa dipungkiri bahwa renang merupakan salah satu olahraga yang paling digemari oleh banyak orang.

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang menyukai olahraga renang. Namun tidak sedikit juga orang yang belum bisa berenang. Perlu kamu ketahui bahwa berenang merupakan salah satu jenis olahraga aerobik atau kardio yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan  tubuh dan otot. Berikut ini beberapa manfaat berenang yang perlu kamu ketahui.

  1. Mendukung kesehatan jantung dan peredaran darah

Berenang dapat meningkatkan detak jantung, tetapi tidak memberikan tekanan pada tubuh. Tidak hanya itu, berenang juga dapat menguatkan jantung dan memompa darah dengan baik. Selain itu, berenang secara teratur juga dapat membantu sirkulasi agar bekerja dengan lancar.

  1. Menjaga kesehatan paru-paru

Selain menyehatkan jantung dan melancarkan peredaran darah, berenang juga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Paru-paru akan menjadi lebih aktif dan pernapasan menjadi terkendali. Salah satu olahraga yang paling aman bagi penderita asma adalah berenang.

  1. Mengurangi stres

Siapa sangka, ternyata berenang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Melakukan olahraga renang dengan baik akan membuat kita bernapas secara teratur dan melemaskan sistem saraf. Selain itu, tekanan air saat berenang dianggap sebagai gerakan membelai, sehingga menenangkan.

  1. Membentuk otot

Manfaat keempat yaitu berenang dapat melatih kekuatan otot. Saat berenang tentu kamu akan menggerakkan seluruh tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota tubuh bagian atas, dada, perut, punggung, pinggang dan anggota tubuh bagian bawah. Oleh karena itu, seluruh massa otot  menjadi lentur dan massa otot bertambah.

  1. Menambah tinggi badan

Sudah banyak yang tahu bahwa berenang dapat membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Jika kamu sering berenang, tanpa sadar menyebabkan tubuh banyak bergerak, termasuk lengan dan kaki. Hal itulah yang membuat berenang mampu menambah tinggi badan.

  1. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Berenang juga dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah dan mengontrol gula darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Jika kamu mengalami insomnia atau sulit tidur pada malam hari, berenang merupakan pilihan terbaik. Berenang dapat mengatasi insomnia, karena penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini dapat meningkatkan kualitas tidur.

  1. Membakar kalori dengan cepat

Berenang merupakan olahraga terbaik untuk membakar kalori. Kalori yang dibakar saat seseorang berenang berbeda-beda tergantung intensitas, durasi dan tubuh masing-masing orang. Tetapi para ahli mengatakan bahwa berenang hampir sama dengan olahraga lari.

  1. Mengurangi rasa sakit akibat cedera

Berenang sebenarnya dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat cedera. Saat berenang, air  menopang tubuh, sehingga sendi dan tulang tidak bekerja terlalu banyak. Selain itu, persendian juga menjadi lebih lentur dan tidak terlalu kaku.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Bagi penderita kadar kolesterol tinggi, berenang dapat memberikan manfaat. Olahraga renang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL serta dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh.

BACA JUGA :   Manfaat Daun Kemangi Selain Sebagai Lalapan Mampu Atasi Stres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *