Perlu Tahu!! Inilah 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Pesantenanpati.com – Saat sedang hamil muda, pastinya kamu perlu menghindari beberapa makanan yang dapat membahayakan kandungan. Tentu saja hal tersebut demi kebaikan ibu dan calon anak.

Mungkin dari beberapa makanan berikut ini ada jenis olahan yang ibu hamil muda suka. Namun lagi-lagi bagi yang sedang hamil muda harus menghindari makanan ini.

Saat sedang hamil muda tentu calon ibu harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Hal tersebut tentu berguna bagi tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sedang hamil muda :

  1. Daging mentah

Ibu hamil harus menghindari konsumsi daging mentah, baik itu sapi, kerbau, unggas, maupun ikan yang tidak di masak secara matang termasuk  sushi. Hal tersebut akan mempengaruhi sistem imun tubuh. Jadi hindari konsumsi daging mentah, terutama saat hamil muda agar janin dapat berkembang dengan baik.

  1. Minuman berakohol

Minuman yang beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan, begitu juga untuk ibu hamil. Mengonsumsi minuman beralkohol saat mengganggu tumbuh kembang janin, bahkan dapat menyebabkan kelahiran premature, gangguan pendengaran serta gangguan penglihatan.

  1. Produk olahan susu yang tidak di pasteurisasi

Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi keju jenis blue cheese (keju dengan lapisan kulit putih) atau produk olahan susu yang belum di masak atau di pasteurisasi. Sebab, susu tersebut ada kandungan bakteri liseria yang dapat menyebabkan infeksi. Namun, ibu tetap boleh mengonsumsi keju mozzarella, cheddar, dan cottage. Keju-keju tersebut tidak di pasteurisasi, namun tidak memiliki bakteri sebab kandungan asam yang tinggi.

  1. Telur mentah

Ibu hamil juga tidak boleh mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Hal itu sebab kandungan bakteri salmonella dalam telur dapat membuat ibu keracunan makanan. Jadi untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan, maka jangan konsumsi telur mentah maupun setengah matang. Selain itu,

  1. Makanan cepat saji

Selain tidak bagus untuk kesehatan, makanan cepat saji juga tidak bagus untuk kesehatan janin. Kandungan lemak trans dalam makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, obesitas dan memperbesar ukuran janin.

  1. Minuman berkafein

Kopi harus dihindari oleh ibu hamil sebab dapat meningkatkan risiko keguguran. Jadi jangan lupa untuk mengontrol kopi, teh maupun cokelat saat sedang hamil.

BACA JUGA :   8 Makanan Penyebab Radang Amandel yang Harus Kamu Waspadai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *