Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak

Pesantenanpati.com – Memasak menggunakan panci presto memang gampang-gampang susah.  Hal itu sebab cara penggunaannya yang sedikit ribet.

Memasak dengan menggunakan panci presto dapat membuat makanan menjadi lebih lunak. Panci presto dapat berguna untuk melunakkan daging, tulang maupun jeroan. Tentu saja hal ini cocok untuk makanan lansia atau anak-anak.

Namun, perlu kamu tahu bahwa panci presto ternyata juga dapat membahayakan diri apabila kamu salah cara penggunaannya. Beberapa waktu lalu terdengar kabar heboh sebuah video ledakan panci presto saat sedang dimasak.

Penyebab panci meledak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari panci yang sudah rusak, bahan makanan yang terlalu penuh dan terlalu banyak memakai minyak. Selain itu, biasanya disebabkan karena tersumbatnya lubang keluar uap atau tidak mengeluarkan uap panas hingga habis.

Sebelum menggunakan panci, kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk memakainya. Simak tips dan tata cara menggunakan panci presto berikut ini :

  1. Cek panci  sebelum menggunakannya

Sebelum memasak, kamu perlu memastikan jika panci dalam keadaan yang bagus tanpa retakan. Kamu juga perlu memperhatikan kondisi bagian penutup. Sebab panci presto akan bekerja dengan tekanan yang tinggi, jika kondisinya tidak bagus maka akan membahayakan diri.

  1. Sesuaikan jumlah masakan dengan ukuran panci

Kamu perlu menghindari mengisi panci 2/3 dari ukurannya. Sebab jika terlalu penuh akan membuat masakan tidak dapat matang sempurna dan makanan akan tumpah. Kamu dapat, mengisi panci  sekitar ½  ukuran panci.

  1. Mengatur waktu memasak

Aturlah waktu yang tepat saat memasak menggunakan panci. Biasanya, memasak daging akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Jadi kamu dapat potong-potong daging menjadi ukuran yang lebih kecil akan matang secara merata.

  1. Mengatur suhu saat memasak

Saat uap sudah mulai keluar dan panci berisul, maka kamu perlu mengecilkan api kompor. Sebab, hal ini akan membantu menurunkan tekanan dalam panci agar masakan tidak terbakar dan panci tidak meledak.

  1. Jangan membuka panci saat memasak

Larangan untuk membuka panci presto saat memasak ini guna keamanan. Kamu juga tidak boleh langsung membuka panci ketika masakan sudah matang. Tunggulah beberapa menit dan buka secara perlahan.

BACA JUGA :   Selain Jeruk, Inilah 8 Daftar Buah dan Sayur yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *