6 Rekomendasi Makanan Sehat yang Perlu Kamu Konsumsi Tahun 2023

Pesantenanpati.comMakanan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-sehari. Tentu saja di tahun 2023 ini kamu perlu lebih memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Hal tersebut bertujuan agar tubuh tetap fit dan sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang sehat juga. Tentu saja tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan hidup agar tubuh menjadi lebih sehat dan fit.

Selain buah dan sayur, kamu perlu menambahkan asupan lain untuk menunjang kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang perlu kamu konsumsi atau tambahkan ke dalam menu sehari-hari.

  1. Kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan yang terbuat dari fermentasi kubis bersama dengan saus. Makanan ini bermanfaat untuk membantu pencernaan tubuh. Selain itu kimchi juga mampu mengurangi risiko obesitas dan membuat awet muda. Makanan kimchi ini sangat terkenal di daerah Korea yang biasanya disajikan dengan sup, tumisan hingga daging panggang.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah atau bumbu masakan yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan dalam tubuh. Kamu dapat menambahkan kunyit saat marinasi ikan atau pada sumber protein lain. Selain itu, kamu kamu juga dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman seperti kunyit asem.

  1. Kurma

Biasanya kurma akan sangat mudah ditemukan saat bulan Ramadhan. Namun, kamu juga dapat menambahkan kurma ke dalam menu harian. Hal tersebut sebab kurma kaya akan serat dan antioksidan yang dapat berguna untuk pencernaan, mengurami inflamasi, menyehatkan jantung dan mampu menurunkan risiko kanker.

  1. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang sangat menyegarkan dan cocok diolah menjadi jus atau smoothie. Dalam satu buah stroberi mengandung polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin, volat, mangan dan potassium yang bagus untuk kekebalan tubuh, otak, pertumbuhan sel dan pengaturan tekanan darah.

  1. Ikan salmon

Ikan memang bagus untuk kesehatan, namun kamu perlu mencoba untuk konsumsi ikan salmon. Ikan Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki sifat antiinflamasi. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi kognitif. Selain ikan salmon, kamu juga dapat mengonsumsi ikan kembung untuk tambahan sumber omega 3.

  1. Kaldu tulang

Kamu dapat mengonsumsi kaldu tulang dalam sup. Makanan sup tulang ini cocok kamu nikmati saat cuaca dingin. Kaldu tulang tersebut mengandung asam amino, mineral dan kolagen penyembuh usus. Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi kaldu tulang sebagai tambahan nutrisi di tahun ini.

BACA JUGA :   Rekomendasi Obat Flu yang Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *