3 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Asma

Pesantenanpati.comAsma merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernapasan atau sesak napas. Biasanya orang yang terkena penyakit ini tidak dapat berada diruangan yang terlalu sempit atau gelap.

Tentu saja penyakit asma sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain itu, penderita penyakit asma tentu akan mengalami penurunan kekebalan tubuh, mengurangi energi bahkan mengganggu tidur.

Penderita penyakit asma tentu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebab ada beberapa makanan yang harus di konsumsi dan di hindari bagi penderita asma.

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu kamu perhatikan apabila menderita penyakit asma.

Makanan untuk mencegah asma kambuh :

  1. Buah, sayur, biji-bijian dan asam lemak

Doker menyarankan penderita sesak napas untuk mengonsumsi makanan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, maupun asam lemak. Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden. Penderita asma juga dapat mengonsumsi nasi, paprika, brokoli, kentang, jeruk, anggur, delima, pir dan masih banyak lagi.

  1. Vitamin D dan E

Selain buah dan sayur, penderita sesak napas juga perlu mengonsumsi vitamin D seperti susu, telur dan jus jeruk. Vitamin E yang perlu di konsumsi antara lain sawi, kangkung, brokoli serta kacang-kacangan.

  1. Makanan anti-inflamasi

Makanan seperti kacang almond, kenari, apel dan anggur sangat baik untuk penderita sesak napas. Hal tersebut tentu akan membantu meredakan sesak napas. Apalagi apel dan anggur yang mengandung antioksidan, tentu juga baik untuk kesehatan.

BACA JUGA :   7 Tips Menambah Berat Badan dengan Makanan yang Sehat

Makanan yang harus dihindari :

  1. Makanan cepat saji

Kamu harus menghindari makanan cepat saji atau olahan. Sebab hal itu akan memperburuk keadaan. Seperti kita tahu bahwa makanan cepat saji memang tidak baik untuk kesehatan. Kamu juga pelru menghindari makanan berminyak, makanan kaleng dan makanan olahan siap saji.

  1. Pemanis buatan

Selanjutnya kamu juga perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan. Hal itu berlaku untuk minuman bersoda, kue,permen, jus ataupun makanan lain yang mengandung pengawet, pemanis dan perasa buatan. Sebab kamu tetap nekat mengonsumsinya, maka sama saja kamu akan memperburuk kondisi dan dapat mengiritasi paru-paru.

  1. Pengawet buah

Bahan pengawet yang terkandung dalam buah kering dapat memperparah asma. Adanya kandungan sulfit juga mampu mengiritasi paru-paru. Selain itu, minumam jus atau alcohol kalengan atau kemasan juga mengandung sulfit, jadi kamu pelru menghindarinya.

Demikian beberapa makanan yang harus di perhatikan oleh penderita asma atau gangguan pernapasan. Hal ini tentu akan sangat membantu kondisi kesehatan kamu.

BACA JUGA :   Inilah 7 Makhluk Mitologi yang Sangat Terkenal Hingga Mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *